Ini Dia Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Bangun pagi memang merupakan hal yang berat untuk dilakukan bagi kebanyakan orang, apalagi saat libur kerja.

Namun, harus Anda ketahui bahwa bangun pagi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, baik itu kesehatan fisik dan mental.

Manfaat bangun pagi untuk kesehatan

Ketahui manfaat bangun pagi untuk kesehatan berikut ini.

  1. Tidak melewatkan sarapan

Sarapan bisa mendorong metabolisme tubuh sehingga bisa membakar kalori lebih banyak sepanjang hari sehingga sangat untuk menurunkan berat badan.

Sarapan juga akan mendukung kesehatan tubuh, seperti meningkatkan ingatan dan konsentrasi, menurunkan level LDL atau kolesterol jahat, dan menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, serta obesitas.

  1. Bisa berolahraga di pagi hari

Bangun pagi akan memberikan lebih banyak waktu untuk berolahraga. Berolahraga di pagi hari dinilai memberikan lebih banyak manfaat untuk tubuh karena udara masih belum tercemar.

BACA JUGA :  Tambah Daya Ingat dengan 5 Minuman Ini, Bikin Lebih Fokus dan Produktif

Berolahraga di pagi hari sekitar jam 8 hingga jam 11 kan menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Bahkan, disebutkan juga bahwa wanita yang berolahraga di pagi hari akan mengurangi risiko penyakit jantung koroner sekitar 22 hingga 24 persen.

Berolahraga di pagi hari bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, dan menurunkan berat badan dengan lebih efektif.

  1. Mendapatkan banyak asupan vitamin D

Paparan sinar matahari di pagi hari akan membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Health menyebutkan beberapa manfaat vitamin D, seperti: Menurunkan risiko terkena penyakit tertentu, seperti sklerosis ganda (MS), penyakit jantung, rheumatoid arthritis, diabetes tipe 1, hingga penyakit radang usus.

BACA JUGA :  Warga Gunungsindur Bogor Digegerkan dengan Penemuan Seorang Pria Gantung Diri dalam Sebuah Gubug

Membantu tubuh untuk mengatur suasana hati dan mengurangi depresi. Mendukung program diet. Meningkatkan kesehatan tulang. Meningkatkan kekuatan otot. Meningkatkan kesehatan gigi. Memiliki kemungkinan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Bisa tidur lebih nyenyak di malam hari

Orang-orang yang terbiasa bangun lebih pagi cenderung akan mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari, termasuk terhindar dari gangguan tidur.

Melansir WebMD, bangun di pagi hari akan membuat tubuh bisa mengatur ritme sirkadian yang akan menentukan jam alami tubuh selama 24 jam.

Ketika tubuh terpapar sinar matahari pagi, maka otak akan secara otomatis mengatur ritme sirkadian tersebut untuk memproduksi melatonin 14 jam kemudian.

Melatonin sendiri merupakan hormon pada tubuh yang berperan penting untuk mengatur waktu tidur.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================