Ini Dia Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah untuk Kesehatan

BOGOR-TODAY.COM – Di Indonesia, terdapat tradisi mengunyah daun sirih beserta biji pinang yang sudah dilakukan masyarakat beberapa daerah sejak dahulu. Tradisi ini bertujuan untuk menyehatkan mulut dan gigi, serta sistem pencernaan.

Manfaat daun sirih Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, daun sirih mengandung zat-zat bermanfaat bagi tubuh seperti protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin B2.

Daun sirih juga mengandung asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

Tak hanya itu, manfaat daun sirih juga bisa dirasakan oleh wanita, terutama terkait masalah keputihan.

Manfaat daun sirih

Di Indonesia, terdapat dua macam daun sirih yang banyak dijumpai, yakni daun sirih hijau dan sirih merah.

  1. Menyehatkan saluran pencernaan

Kandungan dalam daun sirih dapat meningkatkan metabolisme, sehingga merangsang kerja usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin penting bagi tubuh.

Bukan sebatas itu, daun sirih juga bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi sembelit. Air rebusan dari daun ini dapat membantu melancarkan buang air besar.

  1. Mengatasi keputihan
BACA JUGA :  Menu Buka Puasa dengan Udang Saus Padang yang Lezat Bikin Menggugah Selera

Manfaat daun sirih lainnya yakni membantu mengatasi keputihan pada wanita. Membasuh area luar kewanitaan dengan rebusan daun sirih membantu membunuh kuman, karena kandungan antiseptiknya.

Namun untuk kasus keputihan parah, menggunakan rebusan daun sirih saja tidak akan cukup. Khusus keputihan parah, pasien membutuhkan pengobatan dari tenaga medis dengan menggunakan antibiotik.

  1. Menurunkan kolesterol

Dilansir dari laman Kompas.com, daun sirih membantu menurunkan low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga berisiko pada penyakit jantung dan stroke.

Sejumlah studi menemukan bahwa manfaat daun sirih dapat membantu menurunkan level kolesterol total, trigiserida, dan LDL. Bukan hanya itu, daun sirih juga membantu meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

  1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Manfaat daun sirih pertama, yakni menjaga kesehatan mulut dan gigi. Daun sirih memiliki sifat antimikroba yang membantu mengatasi bakteri yang tertinggal di mulut.

Oleh karena itu, sejak dulu daun sirih sudah digunakan untuk menjaga gigi. Biasanya, orangtua memanfaatkannya dengan cara mengunyahnya.

  1. Mencegah infeksi bakteri
BACA JUGA :  Tega! Kakek Bejat Perkosa Keponakan Berusia 11 Tahun di Taput

Daun sirih mengandung fenol dan flavonoid, dua senyawa yang berfungsi mencegah risiko infeksi. Oleh karena itu, manfaat daun sirih selanjutnya adalah mencegah infeksi karena bakteri.

Bahkan, tanaman herbal ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus, penyebab berbagai penyakit, termasuk infeksi kulit.

  1. Menyembuhkan luka

Daun sirih terutama sirih merah, memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini amat penting dalam proses penyembuhan luka.

Selain saponin, daun sirih merah mengandung tanin. Tanin sendiri berfungsi membentuk kolagen, sehingga luka lebih cepat tertutup.

  1. Mencegah kenaikan gula darah

Kenaikan kadar gula dalam darah dapat berisiko pada penyakit metabolisme kronis, diabetes melitus. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Masih menurut Kementerian Kesehatan, mengonsumsi air rebusan daun sirih membantu mencegah kenaikan gula darah yang berakibat pada diabetes.

Selain itu, konsumsi daun sirih juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap utuh.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================