“Jadi saya optimis banyak yang akan melakukan konversi. Bisa menjual, membeli baru, atau motor lama bisa dikonversi dengan biaya sekitar Rp 7 juta,” katanya.

Di lokasi yang sama, GM PT PLN Persero UID Jabar, Susiana Mutia mengatakan diseluruh Indonesia sudah ada 110 SPKLU.

Selain di Balai Kota, SPKLU di Kota Bogor tahun ini akan bertambah satu titik di Alun-alun Kota Bogor yang masih dalam tahap pembangunan.

Untuk terus membangun ekosistem kendaraan listrik, PLN khususnya unit induk Provinsi Jawa Barat mengajak seluruh unit unit UP3 untuk bersama-sama membangun ekosistem ini.

“Jadi ekosistemnya elektrik style, kita mulai mengajak seluruh, baik itu masyarakat kemudian mitra-mitra kerja kita untuk mulai melakukan energy transition dari energi bbm atau fosil menuju energi yang lebih bersih,” katanya.

BACA JUGA :  Digadang Gantikan Bima Arya, Ini Sosok Hery Antasari Pj Wali Kota Bogor

Mengenai sistem pembayaran dan penggunaan SPKLU di Balai Kota ini kata Susiana, menggunakan sistem pembayaran aplikasi dengan PLN Charge.IN Electric vehicle (EV) charging.

“Jadi ini aplikasi khusus mencharge untuk yang mobile, tapi kalau untuk yang motor yang kecil itu menggunakan sistem token seperti token di rumah. Jadi bisa langsung nanti kita pake mobile l, minta nomor beli berapa, kemudian berapa KWH, kemudian di cas disana,” katanya.

Peresmian SPKLU dan pengenalan kendaraan listrik di Kota Bogor ini merupakan keseriusan Pemkot Bogor dalam membangun ekosistem kendaraan listrik dengan menjalankan instruksi presiden.

BACA JUGA :  Remaja Karyawan Pelatihan Anjing Asal Lampung, Tewas Gantung Diri di Cisarua

Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Bogor, Yadi Cahyadi mengatakan, langkah ini merupakan bagian dalam menjalankan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Listrik Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Selain itu, Wali Kota Bogor juga sangat konsen dengan isu-isu lingkungan. Kendaraan listrik ini arahnya ke penggunaan energi ramah lingkungan. Infrastrukturnya terus disiapkan, SPKLU di Balai Kota ini merupakan langkah awal yang berkolaborasi dengan PLN,” ungkap Yadi. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================