7 Penyebab Tangan Kesemutan yang Sering Diremehkan

BOGOR-TODAY.COM – Kesemutan terkadang tidak berbahaya dan bersifat sementara. Misalnya, ini bisa terjadi akibat tekanan pada saraf saat lengan Anda bengkok di bawah kepala saat Anda tertidur.

Akan tetapi, tangan, kaki, atau keduanya yang kesemutan adalah gejala yang sangat umum dan mengganggu.

Penyebab tangan kesemutan

Diabetes adalah salah satu penyebab paling umum dari masalah neuropati perifer alias penyebab kesemutan. Ini terhitung setidaknya 30 persen kasus kesemutan disebabkan masalah ini.

Selain itu, ada beberapa penyebab tangan kesemutan lainnya yang tak disadari banyak orang.

  1. Kekurangan vitamin
BACA JUGA :  Konsumsi Ini Sebelum Tidur, 3 Minuman Penghancur Lemak Perut

Anda membutuhkan vitamin E, B1, B6, B12, dan niasin untuk kesehatan saraf. Kekurangan B12, misalnya, dapat menyebabkan anemia pernisiosa, penyebab penting neuropati perifer. Namun terlalu banyak B6 juga bisa menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki.

  1. Masalah saraf

Masalah saraf yang menjadi penyebab kesemutan antara lain carpal tunnel syndrome, kelumpuhan saraf ulnaris, kelumpuhan saraf peroneal, dan kelumpuhan saraf radial.

  1. Infeksi

Ini termasuk penyakit Lyme, herpes zoster (varicella zoster), cytomegalovirus, Epstein-Barr, herpes simplex, dan HIV dan AIDS.

  1. Penyakit sistemik

Ini termasuk gangguan ginjal, penyakit hati, kerusakan pembuluh darah dan penyakit darah, amiloidosis, gangguan jaringan ikat dan peradangan kronis, ketidakseimbangan hormon (termasuk hipotiroidisme), dan kanker dan tumor jinak yang mengenai saraf.

  1. Alkohol
BACA JUGA :  Gegara Balapan Motor, Siswa SMP di Makassar Dikeroyok 5 Pria Terekam CCTV

Alkoholik lebih cenderung kekurangan tiamin atau vitamin penting lainnya karena kebiasaan makan yang buruk, penyebab umum neuropati perifer.

  1. Penyakit autoimun

Ini termasuk polineuropati demielinasi inflamasi kronis, sindrom Guillain-Barre, lupus, dan rheumatoid arthritis.

  1. Kelainan bawaan

Ini termasuk kelompok yang mungkin memiliki gejala sensorik dan motorik; jenis yang paling umum dikenal sebagai penyakit Charcot-Marie-Tooth.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================