Sekda Minta BAZNAS Berperan Aktif Kurangi Angka Kemiskinan

BOGOR-TODAY.COM, CIBINONG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin meminta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bogor membantu program pemerintah kurangi angka kemiskinan. Hal ini dikatakannya saat membuka Rapat Evaluasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kabupaten Bogor, di Aula Kantor Baznas, Cibinong, Senin (28/11).

Hadir pada acara tersebut, perwakilan Forkopimda Kabupaten Bogor, Kementerian Agama Kabupaten Bogor, para pengurus MUI Kabupaten Bogor, para camat, dan jajaran Pemkab Bogor.

Baca Juga :  Resep Masakan Bubur Sagu Mutiara Kelapa Muda

Sekda Burhanudin menjelaskan, saat ini pemerintah pusat maupun daerah tengah fokus pada upaya pengentasan kemiskinan, oleh karena itu, sebagai institusi resmi yang diberikan kewenangan untuk mengumpulkan dana zakat.

Sekda Minta BAZNAS Berperan Aktif Kurangi Angka Kemiskinan

“BAZNAS diharapkan berperan aktif dalam membantu program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat,” kata Burhanudin.

Baca Juga :  Melalui Optimalisasi Cakupan Imunisasi Lengkap, Pemkab Bogor Cegah Terjadinya Kasus KLB Campak di Tahun 2023

Ia menambahkan, UPZ merupakan kepanjangan tangan BAZNAS Kabupaten Bogor yang berada di garda terdepan dalam pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh. Untuk itu, perlu sosialisasi, internalisasi, pembinaan dan evaluasi untuk meningkatkan kapasitas UPZ agar mampu mengoptimalkan pengumpulan dan pendayagunaan zakat di Kabupaten Bogor.