peristiwa dunia
Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Pada tanggal pertama dipengujung tahun banyak fakta yang belum kita ketahui. Bahkan ada beberapa peristiwa dunia yang sampai saat ini belum kita sadari keberadaanya.

Dimana pada tanggal tersebut ada sebagian negara atau seluruh negara memperingati secara bersama.

Melansir beberapa sumber, berikut deretan peristiwa dunia yang diperingati setiap 1 Desember.

Hari AIDS Sedunia

Pada tanggal 1 desember ini masih banyak yang belum mengetahui bahwa pada tanggal tersebut memperingati hari AIDS sedunia. Dimana bertujuan sebagai media untuk masyarakat kepola hidup bersih dan sehat.

Dengan adanya peringatan akan hal tersebut pada tanggal 1 desember. Membuat para pelaku atau sukarelawan kampanye bukan hanya berasal dari negara luar saja, namun banyak juga terdapat di Indonesia.

Biasanya pada tanggal tersebut banyak mahasiswa atau aktivis tertentu yang berkampanye menyuarakan bahayanya AIDS. Dan memberikan beberapa penyuluhan dari dampak bahaya pada penyakit menular tersebut.

Di Indonesia sendiri bukan personel yang sedikit dalam menyuarakan hari AIDS sedunia yang diperingati pada 1 Desember. Dari kalangan pengguna medsos pun banyak yang menggunakan berita tagar pada setiap postingannya.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 17 April 2024

Maka tidak heran jika PBB pada tahun 1988 membuat peringatan hari AIDS pada tanggal 1 desember.

Hari Nasional Rumania

Pada tanggal tersebut disebutkan bahwa bangsa rumania menetapkan sebagai hari nasional negaranya. Yang dimana rumania merupakan negara yang terletak dinegara eropa tengah.

Portugal Kembali Merdeka Dari Spanyol

Pada tanggal 1 Desember 1640 lalu. Portugal kembali merebut kedaulatannya yang membuatnya kembali merdeka dari kuasa spanyol. Yang membuat negara tersebut kembali merdeka pada tahun 1640.

Negara portugal sendiri merupakan negara kesatuan yang merupakan semi presidensial. Dengan berbentuk negara republik konstitusional di negara bagian selatan.

Dan negara potugal ini berbatasan langsung dengan negara spanyol pada bagian utara dan timur negaranya. Sedangkan pada bagian barat negara ini berbatasan dengan samudra atlantik.

BACA JUGA :  Bejat, Pria di Pandeglang Perkosa Gadis Disabilitas Hingga Hamil 6 Bulan

Islandia Menjadi Sebuah Kerajaan Mandiri

Pada tanggal 1 Desember 1918. Bangsa islandia menetapkan daerahnya sebagai sebuah kerjaan mandiri. Namun bangsa ini masih tergabung atau tetap satu dengan denmark.

Republik Afrika Tengah Merdeka Dari Prancis

Republik Afrika Tengah resmi merdeka dari jajahan prancis pada 1 Desember 1958. Dimana sebelum tahun tersebut afrika tengah masih menjadi jajakan negara prancis dan berkuasa selama beberapa tahun.

Dahulunya negara ini merupakan sebuah koloni prancis yang bernama Ubangi-Shari. Dan republik afrika tengah adalah sebuah negara pada pedalamanan afrika yang berbatasan langsung dengan sudan, republik demokratis kongo & kamerun.

Hari Sawahlunto, Sumatera Barat Diresmikan menjadi Kota

Pada tanggal 1 Desember 1888. Daerah pada bagian sumatera barat bernama sawahlunto resmi menjadi bagian dari kota besar disumatera barat tersebut. Kota yang terletak 95 KM dari kota padang.

============================================================
============================================================
============================================================