Resmikan Pongkor Geopark Information Center

BOGOR-TODAY.COM, TAMANSARI – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) resmikan Pongkor Geopark Information Center (PGIC) dan Pelantikan Badan Pengelola Kawasan Geopark Nasional Pongkor Periode Tahun 2022-2025 serta Forum Geopark Nasional Pongkor Tahun 2022, yang berlangsung The Highland Park Resort, Tamansari, Rabu (30/11/22).

Geopark Nasional Pongkor adalah potensi besar pariwisata Kabupaten Bogor. Salah satu dari 12 geopark nasional di Indonesia, yang meliputi 15 kecamatan, terdiri dari 10 geosite, 43 situs geo/bio/cultural heritage dan 15 daya tarik wisata.

Geopark Pongkor memasuki tahun ke-4 sejak diresmikan pada November 2018 dan pengembangan geopark menjadi prioritas pada RPJMD perubahan 2018-2023 dalam program Karsa Bogor Maju.

Bahkan saat ini ada tujuh geopark di Indonesia yang diakui oleh Unesco yaitu Geopark Batur, Geopark Pegunungan Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba, Geopark Belitong dan Geopark Maros Pangkep.

Resmikan Pongkor Geopark Information Center

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, target Pemerintah Kabupaten Bogor adalah menjadikan Geopark Pongkor sebagai Unesco Global Geopark (UGG) di akhir periode  RPJMD 2018-2023. Tahun depan bagaimana pengembangan Geopark Pongkor tersebut bisa menjadi UGG.

“Ini kesepakatan yang sudah disepakati antara kami Pemkab Bogor dengan DPRD melalui kesepakatan perubahan RPJMD, salah satunya pengembangan geopark harus dilaksanakan sesuai visi kami Karsa Bogor Maju dengan target kami menjadikan Geopark Pongkor menjadi UGG,” terang Plt. Bupati Bogor.

BACA JUGA :  Waspada! Ini Dia 8 Cara Mencegah Tertular Flu Singapura

Menurut Plt. Bupati Bogor bahwa Geopark Pongkor merupakan  absolut adventist di Kabupaten Bogor salah satunya keindahan alam dari 15 kecamatan. Geopark Pongkor merupakan taman bumi yang terbentuk secara alami bukan buatan. Absolut adventist merupakan keunggulan mutlak yang ada di Bogor.

“Kalau kita sinergi bersama-sama mulai Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten Bogor, kecamatan hingga desa, Insyaallah Geopark Pongkor bisa menjadi UGG. Kalau mimpinya bareng kita bisa mewujudkannya jadi kenyataan, bagaikan fajar di pagi hari. Mudah-mudahan ditahun 2023 geopark bisa diakui UGG,“ ungkap Iwan Setiawan.

Plt. juga menyatakan siap mengerahkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan membagi tugas antara Pemkab Bogor, Pemprov, Pemerintah Pusat, Forum perhutani, taman nasional, Antam Pongkor untuk bersama-sama mendukung Geopark Pongkor menjadi UGG. Dirinya juga meminta agar Kades dan para Camat mengedukasi masyarakat agar mendukung kepariwisataan di Kabupaten Bogor salah satunya Geopark Pongkor, agar wisatawan nyaman dan aman berwisata ke Kabupaten Bogor.

“Mudah-mudahan diskusi ini bisa menghasilkan kesepakatan, bahan kedepan Geopark Pongkor bisa lebih cepat terwujud jadi UGG di tahun 2023,” terangnya.

BACA JUGA :  Bima Arya Titip Pesan Ini ke Tokoh Lintas Agama Saat Open House

Dalam kesempatan ini Iwan Setiawan menyatakan, selamat bertugas untuk Badan Pengelola Kawasan Geopark Nasional Pongkor periode tahun 2022-2025 yang baru saja dikukuhkan, semoga dapat menjalankan tugasnya dengan amanah, mengembangkan Kawasan Geopark Nasional Pongkor menjadi wisata konservasi yang maju dan berkembang.

“Tadi telah kita resmikan Pongkor Geopark Information Center (PGIC) yang menyediakan informasi keragaman geologi/hayati/budaya, sebagai salah satu upaya untuk mempercepat proses pengakuan Unesco Global Geopark. PGIC ini diharapkan  menjadi daya tarik wisata sekaligus mengedukasi masyarakat agar tumbuh rasa cinta terhadap warisan geologi,” tandasnya.

Turut hadir pada Peresmian Pongkor Geopark Information Center (PGIC), Pelantikan Badan Pengelolaan Kawasan Geopark Nasional Pongkor Periode 2022 – 2025 dan Forum Geopark Nasional Pongkor Tahun 2022 yakni, Ketua Nasional Geopark Indonesia, Dr. Ir. Yunus Kusumahbrata, M.Sc, Perwakilan Provinsi Jabar, selaku Anggota Asosiasi Pemandu Geowisata Indonesia, Deni Sugandi, perwakilan Bappenas, Togu Pardede, ST., MIDS, perwakilan PT. Antam, Tbk, Meity Sudiarsih.

Kemudian Pemilik Highland Park Resort, Daud Ibrahim, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, para Kepala Perangkat Daerah, para Camat dan para Kepala Desa se-Kecamatan Tamansari. (*/Gistin)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================