Resmikan Pongkor Geopark Information Center

BOGOR-TODAY.COM, TAMANSARI – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) resmikan Pongkor Geopark Information Center (PGIC) dan Pelantikan Badan Pengelola Kawasan Geopark Nasional Pongkor Periode Tahun 2022-2025 serta Forum Geopark Nasional Pongkor Tahun 2022, yang berlangsung The Highland Park Resort, Tamansari, Rabu (30/11/22).

Geopark Nasional Pongkor adalah potensi besar pariwisata Kabupaten Bogor. Salah satu dari 12 geopark nasional di Indonesia, yang meliputi 15 kecamatan, terdiri dari 10 geosite, 43 situs geo/bio/cultural heritage dan 15 daya tarik wisata.

Geopark Pongkor memasuki tahun ke-4 sejak diresmikan pada November 2018 dan pengembangan geopark menjadi prioritas pada RPJMD perubahan 2018-2023 dalam program Karsa Bogor Maju.

Baca Juga :  Resep Masakan Ikan Kukus

Bahkan saat ini ada tujuh geopark di Indonesia yang diakui oleh Unesco yaitu Geopark Batur, Geopark Pegunungan Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba, Geopark Belitong dan Geopark Maros Pangkep.

Resmikan Pongkor Geopark Information Center

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan, target Pemerintah Kabupaten Bogor adalah menjadikan Geopark Pongkor sebagai Unesco Global Geopark (UGG) di akhir periode  RPJMD 2018-2023. Tahun depan bagaimana pengembangan Geopark Pongkor tersebut bisa menjadi UGG.

Baca Juga :  Resep Masakan Pangsit Kukus

“Ini kesepakatan yang sudah disepakati antara kami Pemkab Bogor dengan DPRD melalui kesepakatan perubahan RPJMD, salah satunya pengembangan geopark harus dilaksanakan sesuai visi kami Karsa Bogor Maju dengan target kami menjadikan Geopark Pongkor menjadi UGG,” terang Plt. Bupati Bogor.

Menurut Plt. Bupati Bogor bahwa Geopark Pongkor merupakan  absolut adventist di Kabupaten Bogor salah satunya keindahan alam dari 15 kecamatan. Geopark Pongkor merupakan taman bumi yang terbentuk secara alami bukan buatan. Absolut adventist merupakan keunggulan mutlak yang ada di Bogor.