begadang
Benarkah Begadang Bisa Bikin Tubuh Pendek?. Foto : Ilustrasi.

BOGOR-TODAY.COM – Kurang tidur mengakibatkan gangguan kesehatan. Hal tersebut memang benar, tapi pernahkah Anda mendengar bahwa begadang bisa membuat menurunkan tinggi badan?

Melansir hellosehat.com, saat tidur, tubuh tetap melakukan fungsinya, termasuk menghasilkan hormon-hormon. Hormon-hormon yang dikeluarkan tubuh membuat semua fungsi organ Anda tetap normal hingga saat ini.

Salah satu jenis hormon yang dihasilkan ialah hormon pertumbuhan yang memengaruhi tinggi badan seseorang.

Hormon pertumbuhan akan dihasilkan pada salah satu tahap siklus tidur. Siklus tidur itu ada dua, yaitu rapid eye movement (REM) dan non-rapid eye movement (NREM). Ketika seseorang bermimpi, tandanya ia sedang memasuki tahap REM.

BACA JUGA :  Resep Membuat Bubur Jagung Sagu Mutiara Anti Gagal, Rasanya Sudah Pasti Enak

Sementara itu, tahap NREM terjadi selama 75 persen waktu tidur Anda. Pada saat itulah tubuh melakukan berbagai tugasnya, salah satunya memproduksi hormon pertumbuhan.

Begadang akan menghambat produksi hormon pertumbuhan karena tubuh masih berada dalam keadaan terjaga.

Alhasil, kebiasaan begadang akan memengaruhi pertumbuhan tubuh. Inilah yang menyebabkan seseorang tumbuh kurang maksimal atau memiliki tubuh yang pendek.

Namun, harus diketahui bahwa hormon pertumbuhan ini hanya bekerja pada anak-anak atau remaja yang masih dalam masa pertumbuhan, yakni selama lempeng pertumbuhan pada tulang panjang belum menutup.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang yang Sederhana dengan Telur Puyuh Balado Bumbunya Meresap

Sementara pada orang dewasa, hal ini tidak berlaku. Dengan kata lain, begadang tidak akan menurunkan tinggi badan orang dewasa.

Meski demikian, hormon pertumbuhan tetap dibutuhkan oleh orang dewasa karena secara tidak langsung memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, Anda harus menghindari kebiasaan begadang.

Terlepas dari masalah tinggi badan, begadang sudah banyak diketahui sebagai kebiasaan yang tidak sehat dan bisa membahayakan tubuh.

Efek begadang yang paling terasa antara lain menurunnya tingkat konsentrasi dan kewaspadaan, membuat Anda merasa lelah, dan mengganggu suasana hati.

============================================================
============================================================
============================================================