wabup lumajang
Wakil Bupati Lumajang, Jawa Timur, Indah Amperawati. Foto : Istimewa,

BOGOR-TODAY.COM, LUMAJANGWabup Lumajang, Jawa Timur, Indah Amperawati memperingatkan warga yang berada di desa zona merah Gunung Semeru untuk segera mengungsi.

Terdapat dua desa yang masuk zona merah Semeru, yakni Desa di Supiturang, Kecamatan Pronojiwo dan Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Mereka diminta untuk melakukan evakuasi menyusul erupsi Semeru, Minggu (4/12/2022) pagi.

“Kami peringatkan untuk segera meninggalkan tempat sementara, apabila masih ngeyel petugas kami terpaksa membantu untuk mengevakuasi,” kata Indah seperti melansir cnnindonesia.com

BACA JUGA :  2 Kali Erupsi Jumat Pagi Ini, Gunung Semeru Letuskan 500 Meter di Atas Puncak

Indah mengatakan pihaknya telah mempersiapkan titik pengungsian di antaranya di SD Supiturang 04, SMP 2 Pronojiwo, Balai Desa Oro Oro Ombo dan Masjid Supiturang.

“Sementara itu, warga Kajar Kuning sebagian mengevakuasi diri ke Pos Pantau Gunung Sawur,” ucapnya.

Petugas Pos Pantau Gunung Sawur, Mardian meminta masyarakat mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Geologi melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

BACA JUGA :  Manfaat Jus Jambu untuk Kesehatan, Bisa Turunkan BB Juga? Simak Ini

Masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 kilometer dari puncak (pusat erupsi).

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak diperkenankan melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi atau sempadan sungai di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

============================================================
============================================================
============================================================