Simak Ini! 8 Kebiasaan yang Membuat Jerawat Betah di Wajah

BOGOR-TODAY.COM – Wajah berjerawat biasanya disebabkan oleh kebiasaan yang tanpa kamu sadari. Bahkan, bisa saja langkah skin care yang kamu pakai tidak sesuai.

Jerawat terbentuk akibat pori-pori atau folikel rambut tersumbat oleh kotoran, sebum, atau sel kulit mati, yang kemudian terinfeksi dan akhirnya meradang. Perkembangan terjadinya jerawat bisa dimulai dari komedo, benjolan kecil kemerahan, benjolan besar yang padat (jerawat batu), dan benjolan berisi nanah.

Munculnya jerawat di wajah bisa juga dipicu oleh beragam hal, mulai dari perubahan kadar hormon, efek samping obat-obatan, hingga kebiasaan buruk yang kerap dilakukan.

Kebiasaan Penyebab Jerawat

Berikut kebiasaan yang memicu jerawat yang betah di wajah.

  1. Stres yang tidak terkontrol

Stres memang tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Namun, stres yang berlebihan diketahui dapat memperburuk kondisi jerawat yang ada. Supaya hal ini tidak terjadi, terapkanlah cara mengelola stres dengan baik.

Dari banyaknya kebiasaan di atas, mana nih yang sering kamu lakukan? Apabila jerawat tak kunjung hilang meski telah menghentikan kebiasaan buruk, sebaiknya periksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan saran pengobatan sesuai dengan kondisi kulitmu.

  1. Tidur dengan make up

Ngaku deh, apakah kamu sering tidak menghapus make up sebelum tidur? Kalau iya, mulai sekarang hentikan kebiasaan ini, ya. Soalnya, produk make up yang dibiarkan semalaman dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

BACA JUGA :  Wajib Coba! Menu Makan Siang dengan Semur Daging Istimewa yang Lezat dan Nikmat

Jadi, pastikan kamu menghapus make up dan membersihkan wajah dengan metode double cleansing sebelum tidur supaya wajah tetap sehat dan bebas jerawat.

  1. Memencet jerawat

Ketika muncul jerawat, rasanya gemas banget ingin memencetnya, ya? Sayangnya, kebiasaan menghilangkan jerawat dengan cara ini justru dapat menyebabkan masalah baru.

Soalnya, saat jerawat dipencet dan ditekan, ini akan membuat sumbatan pada pori-pori kulit masuk lebih dalam. Alhasil, proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat.

Belum lagi jika tanganmu sedang kotor, bukannya meredakan jerawat, malah bisa membuat jerawat makin betah atau malah makin parah, lho. Jadi, hindari kebiasaan yang satu ini, ya.

  1. Terlalu sering mencuci muka

Mencuci muka terlalu sering dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul.

Jadi, kamu cukup mencuci wajah sebanyak 2 kali dalam sehari saja. Saat mencucinya, usap dengan lembut wajahmu dan tidak perlu berlama-lama.

  1. Penggunaan ponsel yang kotor

Saat ini, memegang ponsel serasa menjadi kewajiban, bukan? Rasanya seperti ada yang kurang jika dalam satu hari kamu tidak menyentuh atau menggunakan perangkat elektronik satu ini.

Nah, kamu perlu tahu nih kalau layar ponsel bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan bakteri. Kebiasaan menempelkan layar ponsel ke wajah tanpa membersihkannya terlebih dahulu juga bisa membuat jerawat betah di wajah, lho.

BACA JUGA :  Kecelakaan di Pekanbaru, Fortuner Tabrak Tugu Keris, Pengemudi Oknum Polisi

Jadi, mulai sekarang jangan malas membersihkan layar ponsel, ya. Kamu juga bisa menggunakan ear phone saat menelepon untuk menghindari perpindahan bakteri dari layer ponsel ke wajah.

  1. Produk rambut yang terkena wajah

Terlihat sederhana memang, tetapi kebiasaan membiarkan tetesan produk rambut, baik itu gel atau minyak rambut, mengenai wajah juga dapat memicu timbulnya jerawat. Ini karena produk tersebut dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya.

Untuk mencegah hal ini, sebisa mungkin batasi paparan produk rambut ke area wajah dan batasi juga penggunaan produk rambut yang terlalu banyak mengandung minyak.

  1. Pemakaian produk skin care dan make up yang salah

Coba cek skin care dan make up kamu, deh. Kalau mengandung minyak, mungkin ini penyebab jerawatmu tak mau hilang. Untuk mengatasinya, gantilah produk perawatan kulit dan riasan wajah yang berlabel “non-komedogenik”.

Jerawat juga makin betah di wajahmu jika alat make up yang digunakan tidak terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, bersihkan peralatan make up kamu dengan rutin.

  1. Konsumsi makanan manis dan olahan secara berlebihan

Terlalu sering makan makanan manis dan olahan, seperti biskuit, keik, roti putih, atau keripik kentang berkontribusi dalam betahnya jerawat di wajah.

Pada beberapa orang, mengonsumsi makanan yang mengandung susu dan produk olahannya juga berpengaruh terhadap kemunculan dan betahnya jerawat di wajah.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================