BOGOR-TODAY.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan lima rumah dan satu rumah sakit rusak akibat gempa bumi magnitudo 5,2 di wilayah Pantai Timur Karangasem, Bali, Selasa 13 Desember 2022.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan dampak gempa Karangasem, Bali, dilaporkan empat rumah rusak di Dusun Baturinggit Kelod, Desa Baturinggit, dan satu rumah rusak di Dusun Pagubugan, Desa Manggis.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Bangkalan, Truk Tabrakan dengan Motor Ditumpangi Satu Keluarga

“Satu Rumah Sakit Balimed Karangasem juga mengalami kerusakan akibat gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,2. Sementara untuk korban jiwa, disampaikan, hingga saat ini nihil,” kata Daryono dalam keterangan pers, Selasa, 13 Desember 2022.

Daryono menjelaskan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,29 Lintang Selatan, 115,62 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 1 km arah timur Kubu, Karangasem, Bali pukul 17.38 WIB pada kedalaman 30 km.

BACA JUGA :  Cemilan Rumahan dengan Donat Labu yang Sedang Viral Kelezatannya

Hingga pukul 18.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 21 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar 4,6.

Ia menyampaikan gempa bumi di wilayah Pantai Timur Karangasem, Bali itu berdampak dan dirasakan di daerah Karangasem dengan skala intensitas III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

============================================================
============================================================
============================================================