Tidur Berkualitas
Kriteria memillih bantal yang sehat untuk tidur berkualitas. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COMTidur berkualitas umumnya sekitar 7 hingga 8 jam per hari. Untuk mendapatkan tidur berkualitas tentunya perlu memperhatikan segala peralatan pendukung tidur, contohnya bantal.

Meski sepele, namun jika salah memilih bantal bisa membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman. Lantas, seperti apa bantal yang sehat untuk menemani tidur Anda?

Melansir hellosehat.com, berikut kriterianya dan tips memilih bantal yang tepat.

1Sesuaikan bantal pilihan dengan posisi tidur Anda

Jika Anda tidur dengan posisi telentang, bantal tidur yang sehat untuk Anda, yakni tidak terlalu keras atau terlalu tinggi. Leher tidak harus naik, tapi cukup disangga, sehingga kepala tetap sejajar dengan punggung bagian atas dan tulang belakang.

BACA JUGA :  Justin Hubner Siap Perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Selain itu, cobalah tidur dengan bantal tambahan atau guling di bawah lutut untuk mengurangi tekanan pada punggung bawah.

Posisi tidur tengkurap memang memiliki banyak kekurangan, ketimbang posisi tidur lainnya. Namun pada beberapa kasus, Anda perlu tidur dengan posisi ini. Contohnya, jika Anda punya luka terbuka di punggung.

BACA JUGA :  KUSTA, KENALI PENYAKITNYA RANGKUL PENDERITANYA

Nah, bila Anda tidur dengan posisi tengkurap, Anda membutuhkan bantal yang tipis dan lembut. Anda juga harus mencoba tidur dengan bantal di bawah pinggul untuk mencegah nyeri pada punggung bawah.