BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mendukung pelestarian identitas budaya nusantara dengan melestarikan tata rias pengantin nusantara yang dilakukan Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Kota Bogor dalam kegiatan Pagelaran tata rias pengantin nusantara di Mal Botani Square, Rabu (21/12/2022).

Kegiatan yang dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Dani Rahadian dan Ketua Tim Pembina Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bogor, Yane Ardian menampilkan berbagai inovasi tata rias nusantara.

BACA JUGA :  Ternyata Minum Kopi Biji Kurma Banyak Manfaat Lho, Simak Ini!

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan Eksibisi tata rias pengantin nusantara, kembalikan identitas budaya dengan melestarikan tata rias pengantin nusantara untuk ibu pertiwi dan lomba tata rias pengantin sunda siger inovasi, serta sosialisasi tata rias pengantin sekar kancana pakuan putri dan Keprabon sekar kancana pakuan.

Yane Ardian mengatakan bahwa kegiatan ini sangat luar biasa dalam upaya pelestarian budaya nusantara

“Di sini ada pagelaran, eksibisi tata rias pengantin nusantara, bisa dilihat dari sabang sampai merauke ada di sini dan dilaksanakannya di Kota Bogor,” katanya.

BACA JUGA :  Tirta Pakuan Kota Bogor Jamin Ketersediaan Air Bersih Tak Ada Kendala Selama Bulan Ramadan 1445 H

Yane menambahkan, dukungan dan kecintaannya terhadap budaya nusantara ini mengingatkan dirinya pada waktu 20 tahun silam ketika ia menjadi pengantin menggunakan adat budaya sunda yang dirias oleh tata rias Desi dari rumah pengantin.

Setiap daerah kata Yane, memiliki masing-masing tradisi dan Indonesia kaya akan tradisi dengan beragam tradisi dari sabang sampai merauke.

============================================================
============================================================
============================================================