Dan ini sesuai dengan apa yang terdapat pada Kitab Suci Al Qur’an. “Dan jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka”.

Apa (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) pada hari Kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan (QS. Ali Imran ayat 180).

Terus apakah kita termasuk kikir atau tidak? Itu yang tahu adalah diri kita sendiri dan Allah, tapi apakah kita kikir atau tidak bisa dilihat dari perilaku kita dalam kehidupan sehar-hari. Ciri-ciri yang gampang dari seorang kikir adalah banyak tidak disukai orang dan banyak juga diomongin orang tentang sifat kikirnya.

BACA JUGA :  RPJPD Kota Bogor 2025 - 2045, Kota Sains Kreatif, Maju dan Berkelanjutan

Kemudian bagaimana untuk rakyat Indonesia, apakah bangsa Indonesia termasuk kikir atau tidak? Jawabnya jelas termasuk kikir, ini buktinya. Berdasarkan outlook data zakat 2021 Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), seharusnya total potensi zakat di Indonesia adalah sebesar Rp327,6 triliun. Sementara perolehan pengumpulan zakat nasional pada tahun 2021 hanya mencapai Rp 11,5 triliun dan perolehan tahun 2022 mencapai Rp 26 triliun.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Lansia Terlungkap Gegerkan Warga Kota Padang

Jauh kan antara potensi zakat yang harusnya terkumpul dengan kenyataannya zakat yang terkumpul. Jadi suka tidak suka ternyata kita bangsa Indonesia, termasuk kategori yang kikir. Ayo kita jangan mencari kambing hitam dengan menyalahkan orang lain atau pemerintah, tapi sejak sekarang kita harus menjadi orang yang dermawan, sesuai kemampuan kita.

Karena memberi atau berbagi itu lebih bahagia, dari pada menerima, bukankah tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah. Untuk mereka yang sudah jadi dermawan kita ucapkan terima kasih dan apresiasi. Jayalah Indonesiaku. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================