7 Penyebab Sakit Pinggang yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Sakit pinggang adalah kondisi kesehatan yang hampir pernah dialami semua orang. Sakit pada bagian pinggang biasanya dimulai di bawah tulang rusuk atau disebut di daerah lumbar di antara cakram, jaringan otot, dan saraf tulang punggung, hingga organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Dalam dunia medis, rasa nyeri pinggang disebut juga dengan lumbago.

Dalam kasus ringan, rasa sakit di area pinggang sendiri memang umumnya bisa sembuh sendiri dalam hitungan hari atau minggu. Namun, ada juga beberapa kasus nyeri pinggang yang perlu diperhatikan dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Sakit Pinggang

Berikut penyebab terjdinya sakit pinggang yang perlu disimak.

  1. Faktor keturunan

Sakit pinggang juga dapat disebabkan oleh riwayat keluarga. Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan osteoartritis atau penyakit lainnya juga memiliki risiko lebih tinggi mengalami nyeri pinggang.

  1. Stenosis spinal
BACA JUGA :  Monyet Ekor Panjang Turun ke Permukiman Warga dari Puncak Gunung Merapi

Stenosis spinal atau stenosis tulang belakang merupakan salah satu kondisi yang dapat memicu sakit pinggang. Stenosis spinal adalah keadaan tulang belakang menyempit dan memberi tekanan pada saraf dan sumsum tulang belakang.

  1. Kelainan bentuk

Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh kelainan bentuk tubuh. Salah satu kelainan tersebut adalah kelengkungan tulang belakang dapat menyebabkan sakit pinggang.

  1. Skiatika

Skiatika adalah rasa sakit yang disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai. Kondisi ini bisa terjadi ketika ada pergeseran bantalan saraf di tulang belakang sehingga menyebabkan saraf terjepit.

  1. Osteoartritis
BACA JUGA :  Berdampak Positif Bagi Masyarakat, Pemkab Bogor Dukung Rencana Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol

Penyebab sakit pinggang berikutnya adalah osteoartritis. Kondisi ini disebabkan oleh sendi yang tidak terhidrasi sehingga menyebabkan rasa sakit, peradangan, ketidakstabilan, dan stenosisi pada tingkat yang bervariasi.

  1. Usia

Merujuk laman Cleveland Clinic, orang-orang di usia 30 tahun ke atas banyak mengalami sakit pinggang dan punggung. Hal itu karena tulang belakang atau tulang punggung dapat aus seiring bertambahnya usia.

Saat cakram melemah dan dehidrasi, rasa sakit dan kekakuan dapat terjadi.

  1. Berat badan

Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas cenderung mudah mengalami sakit punggung. Hal itu disebabkan tekanan pada sendiri dan cakram saat kelebihan berat badan.

Demikian sejumlah penyebab sakit pinggang yang perlu diketahui.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================