Rencana Pembangunan SPAM Katulampa Tahap II, Tirta Pakuan Tambah Kapasitas Air Menjadi 600 Liter Per Detik

Kapasitas penyediaan air di SPAM Katulampa akan ditambah menjadi 600 liter per detik.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor akan menambah kapasitas air di Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Katulampa yang semulanya kapasitas 300 liter per detik menjadi 600 liter per detik.

Sebelumnya, SPAM Katulampa tahap I dibangun oleh Kementerian PUPR. Penambahan kapasitas air sering rencana pembangunan SPAM Katulampa tahap II.

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor mengoperasikan SPAM Katulampa yang meliputi water treatment plant (WTP) dan reservoir sejak serah terima tahun 2019.

BACA JUGA :  Kota Bogor Jalankan Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan mengatakan, sesuai rencana SPAM Katulampa tahap II berkapasitas air 300 liter per detik akan dibangun tahun 2023 ini.

“Insyaallah (SPAM Katulampa tahap II) dibangun tahun ini dan penyelesaiannya harus tahun ini, jika melihat dari APBN. Sementara untuk lelangnya di Jawa Barat,” kata Rino, Kamis 12 Januari 2023.

Ia mengungkapkan, pembangunan SPAM Katulampa tahap II diprakarsai danrem 061/Sk atas kejadian kebocoran pipa transmisi Tangkil AC 21 inchi yang terdampak proyek Bocimi tahun 2017.

BACA JUGA :  Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur dengan 5 Gerakan Olahraga Ini

“Saya ingat betul kejadian Bocimi 80 persen warga Kota Bogor tidak teraliri, yang ternyata Istana Bogor juga menjadi salah satu mengalami gangguan itu. Jadi pak danrem setuju dengan ide tersebut yang akhirnya dikomunikasikan ke pemerintah pusat waktu itu. Alhamdulillah pemerintah pusat merespon dan akan membangun SPAM Katulampa tahap II,” katanya.

============================================================
============================================================
============================================================