Resmikan Objek Baru Wisata Situ Gede, Ridwan Kamil Ingin Perdayakan Sekaligus Dongkrak Potensi Wisata

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Danau Situ Gede seluas 4,2 hektare yang berada di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, berhasil dipercantik oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Revitalisasi kawasan Situ Gede itu menelan anggaran sebesar Rp 7 miliar dari anggaran Pemprov Jabar dan diresmikan pula oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada Kamis 19 Januari 2023.

“Silakan manfaatkan situ gede yang sudah direvitalisasi dengan anggaran Rp 7 miliar dari provinsi, untuk peningkatan ekonomi wisata,” ucap Ridwan Kamil.

Setelah di revitalisasi, kini wajah baru Situ Gede telah memiliki berbagai sarana rekreasi yang tersedia, seperti wahana air, jogging track dan tempat istirahat hingga warung-warung kuliner yang tersedia di seputaran danau.

“Ke depan bisa ditambah sesuai kebutuhan tempat ini istimewa, dan tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena orang ke kota Bogor pasti niatnya kuliner dan pariwisata. Saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang padat memiliki danau yang istimewa ini,” terangnya.

BACA JUGA :  HALAL BIHALAL HANYA ADA DI INDONESIA DAN BANYAK MANFAATNYA

Menurut Kang Emil sapaannya, banyak situ atau danau di Jawa Barat yang mesti didorong potensi secara fungsi dan lainnya. Ia berharap atas diresmikannya Situ Gede dapat memberikan kemaslahatan untuk masyarakat.

Tak lupa ia berpesan kepada Wali Kota Bogor Bima Arya untuk memberdayakan sekaligus mendongkrak potensi wisata yang ada di Situ Gede.

“Titip ke pak wali, aktivasi, ramaikan kegiatan Agustusan, Cap Go Meh apa yang berhubungan dengan air perahu naga dan lainnya. Saya kira akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa berbasis air,” tuturnya.

BACA JUGA :  Perumda PPJ Akan Renovasi Pasar Merdeka, Bakal Ada Rooftop Kuliner

“Titip juga kebersihan dan ketertiban, dan kepada warga sampaikan tahun terakhir saya sebagai Gubernur Jabar kurang lebihnya mohon maaf, tapi terus dimana ada kesempatan saya terus membangun kota Bogor sesuai aspirasi masyarakat dan pak wali,” imbuhnya.

Sementara itu, Bima Arya menyebut bahwa revitalisasi kawasan Situ Gede merupakan bagian dari upaya konservasi sekaligus pengendali banjir di wilayah Bogor.

“Pak Gubernur ini sudah banyak sekali membantu membangun Kota Bogor dengan anggaran Provinsi juga. Nanti Insya Allah akan dibantu juga desain dari Pak Gub untuk di Situ Gede ini karena perlu sesuatu yang menjadi ikon di sini,” pungkasnya. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================