Menkes Budi Gunadi Sadikin Resmikan Blok I dan IV RSUD Kota Bogor

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin meresmikan gedung blok I dan IV RSUD Kota Bogor yang baru saja dibangun di Jalan dr. Semeru, Kota Bogor, Kamis 19 Januari 2023.

Peresmian ini turut disaksikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Direktur Utama RSUD Kota Bogor, Ilham Chaidir.

Pembangunan dua gedung fasilitas kesehatan ini sudah rampung dari Desember 2022. Gedung blok I diperuntukkan untuk IGD, rawat jalan dan MCU yang dibiayai dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat senilai Rp 50 Miliar.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 19 April 2024

Sedangkan pembiayaan gedung blok IV yang diperuntukkan untuk instansi radiologi berasal dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat sebesar Rp 41,6 Miliar.

Menkes, Budi Sadikin mengatakan, pembangunan blok I dan IV RSUD Kota Bogor sebagai bentuk kolaborasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat antara pemerintah pusat, Pemprov Jabar dengan Pemkot Bogor.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pak Ridwan Kamil, pak Achmad Ru’yat, pak Bima Arya, karena ini adalah contoh kolaborasi dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah Kota Bogor dalam membangun fasilitas kesehatan,” katanya.

BACA JUGA :  Pembinaan Jemaah Haji Kota Bogor, Dedie Rachim Ingatkan Jaga Kesehatan

Ia mengatakan, secara nasional fasilitas kesehatan di Indonesia terbilang masih kurang, baik dari sisi kapasitas alat, ruangan maupun tenaga kesehatan. Menkes pun berjanji akan melakukan peningkatan fasilitas kesehatan secara bertahap di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Terutama untuk operasi jantung pasang ring, yang juga bisa untuk stroke dan kemoterapi kanker. Hal ini karena tiga penyakit tersebut menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

============================================================
============================================================
============================================================