Simak! Ini Warna Dahak yang Harus Anda Waspadai

warna dahak

BOGOR-TODAY.COM Dahak biasanya mengganjal saat batuk dan seringkali terasa gatal di tenggorokan. Hal ini membuat siapapun yang mengalaminya akan merasa terganggu dan tak nyaman. Sehingga perlu cara mengeluarkan dahak agar napas menjadi lega.

Dahak biasanya disebabkan oleh virus, infeksi bakteri, sampai partikel benda asing seperti debu. Produksi dahak juga akan meningkat ketika mengalami alergi, flu, asma, hingga asam lambung. Namun, ada hal yang perlu diwaspadai juga yaitu warna dahak.

BACA JUGA :  Minum Air Garam Bisa Atasi Kelebihan Air dalam Tubuh, Benarkah? Simak Ini

Warna dahak perlu diwaspadai karena itu memiliki arti atau menandakan sesuatu penyakit yang ada di tubuh kamu. Warna ini mengindikasikan penyebab penyakit yang berbeda-beda, sehingga perlu diperhatikan.

Arti warna dahak yang perlu diwaspadai

Berikut ini merupakan arti warna dahak yang perlu kamu ketahui dan waspadai.

  1. Jernih

Dahak berwarna jernih atau transparan yang paling umum terjadi. Dahak ini mengandung air, protein, antibodi, dan beberapa garam larut yang membantu melumasi dan melembapkan sistem pernapasan.

BACA JUGA :  Makan Banyak saat Lebaran Naikan Berat Badan? Ini Dia 5 Minuman Bantu Turunkan BB

Biasanya, dahak jernih akan meningkat saat tubuh mengeluarkan virus tertentu, misalnya karena alergi di hidung dan setelah demam, virus bronkitis, dan virus pneumonia (flu).

  1. Putih

Selain dahak jernih, dahak berwarna putih juga menjadi yang cukup sering ditemui. Ada beberapa penyebab penyakit yang memungkinkan Anda mengeluarkan dahak berwarna putih.

============================================================
============================================================
============================================================