Angkatan Laut AS Membersihkan Puing-puing Balon Udara Milik China yang Ditembak Jatuh  

balon udara

BOGOR-TODAY.COM  –     Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) sedang membersihkan puing-puing balon udara milik China yang jatuh ke Samudra Atlantik setelah ditembak jatuh di lepas pantai Carolina Selatan beberapa waktu lalu.

Diperkirakan, balon udara yang terbang di ketinggian di atas Amerika Utara sejak akhir Januari, ditembak jatuh di wilayah udara AS dan jatuh ke perairan teritorial AS.

“Angkatan Laut AS kami saat ini sedang melakukan operasi pemulihan, dengan Penjaga Pantai AS membantu mengamankan area tersebut dan menjaga keselamatan publik,” kata Jenderal Glen VanHerck, komandan Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara dan Komando Utara AS.

Menurut penghakuan sang jendral AS itu, ukuran balon udara milik China itu sebesar tiga kali lipat bus sekolah, dan puing-puingnya tersebar di lautan seluas 11 kilo meter.

Insiden itu semakin memperkeruh hubungan antara AS dan China, dampaknya Washington membatalkan rencana kunjungan Menteri Luar Negeri, Antony Blinken ke Beijing setelah insiden balon udara itu.

BACA JUGA :  Resep Membuat Paru Krispi Balado yang Nikmat Pedas Bikin Ketagihan

Pihak China mengatakan, balon udara tanpa awak itu digunakan untuk penelitian meteorologi dan diterbangkan karena cuaca buruk dan kemampuan kemudinya yang terbatas, akhirnya masuk ke wilayah udara AS.

Kolonel Senior Tan Kefei, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China, mengatakan pada hari Minggu, bahwa menembak jatuh balon udara milik China, yang terbang sekitar 18.300 meter (60.000 kaki) adalah reaksi yang berlebihan.

“Pemerintah China berhak mengambil tindakan yang sama jika diperlukan dalam menghadapi situasi serupa,” tegas Kolonel Senior Tan Kefei.

Diberitakan sebelumnya, Dianggap memata-matai, akhirnya militer Amerika Serikat (AS) menembak jatuh balon mata-mata China yang terbang melintasi wilayah udara AS selama beberapa hari.

“Kami berhasil menembak jatuh balon pengintai milik China itu, dan saya memuji para penerbang kami yang berhasil melakukan itu,” kata Presiden AS, Joe Biden pada hari Sabtu seperti mengutip dari Aljazeera.com.

BACA JUGA :  Buah dan Sayur Segar dan Tahan Lama dengan 5 Cara Menyimpan yang Baik dan Benar

Dia menmabahkan, Jet tempur menembak jatuh balon milik China tak lama setelah pemerintah AS memerintahkan penghentian penerbangan di sekitar pantai Carolina Selatan, hal itu dilakukan sebagai bentuk upaya upaya keamanan nasional.

Sebuah operasi sedang dilakukan di perairan teritorial AS di Samudra Atlantik untuk mengambil puing-puing dari balon, yang terbang sekitar 18.300 meter (60.000 kaki), seperti diberitakan kantor berita Associated Press.

Tayangan televisi menunjukkan ledakan kecil, diikuti oleh balon yang turun ke arah air.

Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin mengumumkan, pihaknya terpaksa menembak jatuh balon terseut, karena China menggunakan balon itu untuk mengawasi situs-situs strategis di benua Amerika Serikat.

Balon pengintai China yang ditembak jatuh militer AS itu, kembali menyulut ketegangan kedua negara antara Washington dan Beijing.

============================================================
============================================================
============================================================