Banyak Orang Rusia dan Ukraina Lari ke Bali, Ada Apa?

rusia

BOGOR-TODAY.COM – Banyak orang Rusia dan Ukraina lari ke Bali, Indoneisa sejak negara mereka sedang Berperang, seperti mencari perlindungan seolah menghindari wajib militer.

Keberaddaan orang – orang Rusia dan Ukraina lari ke Bali mendapat cibiran dari warga Rusia maupun Ukraina yang masih bertahan untuk menjaga negara mereka.

Gubernur Bali, Wayan Koster mengatakan, dia telah meminta pemerintah pusat di Jakarta untuk mengakhiri hak istimewa visa-on-arrival bagi orang Rusia dan Ukraina di tengah meningkatnya keluhan dari penduduk Bali.

“Kedua negara ini sedang Berperang, tapi kenapa warganya malah berduyun-duyun datang ke Bali. Banyak dari mereka yang datang ke Bali bukan untuk bersantai, tapi untuk mencari kenyamanan, termasuk untuk bekerja,” kata Wayan.

BACA JUGA :  Oknum Polisi Tega Cabuli Anak Tiri di Surabaya Berkali-Kali

Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno berjanji akan meninjau permintaan Bubernur Bali sambil memantau jumlah warga Rusia dan Ukraina yang semakin meningkat.

Informasi yang di himpun dari berbagai media, hampir 60.000 orang Rusia dan Ukraina tiba di Bali sejak tahun lalu saat invasi Rusia ke Ukraina dimulai.

Jumlah itu meningkat saat perang makin panas karena campur tangan AS dan NTO CS, diperkirakan sekitar 20.000 orang Rusia dan Ukraina tiba di Bali setiap bulannya, saat wajib militer diberlakukan di kedua negara itu.

BACA JUGA :  Sejarah Baru, Timnas Indonesia Melaju ke Semifinal Piala Asia U-23

Beberapa orang Rusia dan Ukraina ada yang sudah bekerja di Bali sebagai penata rambut, babysitter, supir taksi atau bahkan pekerja seks.

Seringkali pihak berwenang mendapati turis Rusia dan Ukraina itu tidak dilengkapi visa kerja yang diwajibkan secara hukum.

Pemerintah Provinsi Bali telah membentuk Satgas yang terdiri dari polisi dan pejabat dari kementerian tenaga kerja, industri dan perdagangan untuk menindak pekerja tidak berdokumen. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================