Dorong Potensi Wisata Desa, Indocement Bangun Taman Wisata Sigantang

TAMAN WISATA SIGANTANG

BOGOR-TODAY.COM – PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk menjadikan Taman Wisata Sigantang sebagai program unggulan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong potensi desa yang bermitra dengan Indocement di Kompleks Pabrik Citeureup.

Setiap pekan, setidaknya 1.200 wisatawan lokal datang untuk mengunjungi Taman Wisata Sigantang yang berlokasi di RT. 014 RW. 007 Kampung Nambo, Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

CSR Departement Head PT Indocement, Ayi Ibrahim menjelaskan, nama ‘Sigantang’  terinspirasi dari kali gantang yang melintasi Kampung Nambo.

Dahulu lokasi itu merupakan tempat pembuangan sampah yang menimbulkan potensi pencemaran lingkungan.

“Taman wisata ini dulunya tempat pembuangan sampah. Kemudian, sejak pandemi banyak masyarakat setempat kehilangan tempat kerjanya. Makanya, kami dorong untuk melakukan pengembangan wisata,” Ayi, Kamis 16 Maret 2023.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Selasa 16 April 2024

Atas dasar kepedulian, CSR Indocement berusaha membantu mengembangkan dan membangun Taman Wisata Sigantang bersama dengan masyarakat setempat.

Dari hasil pengembangan wisata ini, sudah ada 10 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berkembang dengan menjajakan berbagai makanan dan minuman kepada para pengunjung.

“Dibantu sama warga setempat juga akhirnya sudah ada 10 UMKM yang dikembangkan di Taman Wisata ini,” ujar Ayi.

Tak hanya itu, Indocement juga melakukan pendampingan agar program pengembangan wisata ini berjalan sesuai dengan rencana strategis yang telah ditetapkan.

Dengan berbagai fasilitas yang dimiliki, Taman Wisata Sigantang ini terbilang jadi tempat yang murah meriah karena, pengujung hanya perlu membayar uang tiket masuk sebesar Rp. 5.000 dan bisa menjelajahi kawasan seluas 4.000 meter itu.

BACA JUGA :  Wajib Tahu, Ini Dia 12 Khasiat Bunga Pepaya untuk Kesehatan

Beragam fasilitas yang ada di tempat tersebut diantaranya saung, tempat makan, tempat karaoke, kolam ikan, kolam renang anak-anak serta lapangan serbaguna yang bisa dijadikan tempat untuk family gathering atau acara lainnya.

Selain itu, santapan yang terjangkau dengan pemandangan sawah yang alami juga membuat para wisatawan betah di Taman Wisata Sigantang ini.

Ketua pengelola Taman Wisata Sigantang, Rian menyebut, Ikan lalawak menjadi menu makanan rekomendasi khas dari Desa Nambo yang bisa dinikmati saat berkunjung.

“Rekomendasi makanan khas disini itu Ikan lalawak. Itu khas dari Desa Nambo,” pungkas Rian. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================