Perumda PPJ

BOGOR-TODAY.COM, BOGORPerumda PPJ dan Dinkukmdagin Kota Bogor memantau sejumlah kebutuhan pokok jelang Lebaran 2023.

Selain memantau harga sejumlah komoditi, juga digelar kegiatan pasar murah atau bazar sepanjang Ramadan hingga memasuki lebaran 2023 mendatang.

Direktur Operasional (Dirops) Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ), Deni Ari Wibowo menyebut, pemantauan harga kebutuhan pokok itu dilakukan di seluruh pasar tradisional di Kota Bogor dengan menggandeng Dinkukmdagin dan Kantor Ketahanan Pangan Kota Bogor.

“Kami turunkan tim enumerator unit di tiap-tiap pasar tradisional untuk memantau dan mengetahui soal harga,” kata Deni, Kamis (6/4/2023).

“Kenaikan harga maupun penurunan, akan diketahui melalui hasil pantauan dan pengawasan tim di lapangan. Termasuk stok kebutuhan yang ada di pasar,” Deni menambahkan.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

Dengan demikian, Deni meminta kepada masyarakat agar memperhatian kesegaran dan kebersihan dari barang yang bakal dibeli saat berbelanja di pasar tradisional dan berbelanja sesuai kebutuhan.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (Dinkukmdagin) dan Perumda Pasar Pakuan Jaya terus melakukan pemantauan dan pengawasan harga di pasar-pasar tradisional di Kota Bogor.

Berdasarkan pantauan, memasuki pekan kedua Ramadan, beberapa harga kebutuhan di pasar tradisional mulai mengalami kenaikan, walaupun belum besar kenaikannya.

Kepala Dinkukmdagin Kota Bogor, Atep Budiman mengatakan, setiap hari petugas melakukan pemantaun harga-harga di pasar tradisional.

Untuk komoditas bahan pokok penting secara umum masih relatif aman terkendali.

BACA JUGA :  Gunung Dukono di Maluku Utara Muntahkan Kolom Abu Setinggi 1.100 Meter

“Tidak ada kenaikan yang signifikan saat ini. Harga rata-rata masih dalam batas aman dan wajar. Untuk beberapa jenis bahan pokok, seperti beras, daging sapi, daging ayam ras, telur, cabe rawit, cabe keriting maupun semua jenis bawang tidak ada kenaikan saat ini,” ucap Atep.

Senada, Dede Soleh Kabid Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PPDNPKTN) menjelaskan, setiap hari bidang PPDNPKTN melakukan pemantauan harga-harga di dua pasar tradisional di Kota Bogor, yakni Pasar Bogor dan Pasar Kebon Kembang.

Pemantauan dan pengawasan terkait harga komoditi harian, untuk mengetahui apakah terjadi kenaikan atau penurunan.

============================================================
============================================================
============================================================