Aan Triana, Anggota DPRD Kabupaten Bogor Minta Bendungan Cibongas Segera Diperbaiki

aan triana

BOGOR-TODAY.COM – Aan Triana al Muharom,  anggota komisi III DPRD Kabupaten Bogor, meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bogor agar segera memperbaiki Bendungan Cibongas yang ambrol akibat banjir bandang.

Kondisi Bendungan Cibongas saat ini yang terletak di aliran sungai Cikaniki Desa Kalong Liud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dikeluhkan, karena tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh masyarakat.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Aan Triana al Muharom meminta Dinas Pekerjaan Umum dan penataan Ruang Kabupaten Bogor, untuk menganggarkan perbaikan untuk Bendungan Cibongas.

BACA JUGA :  Asa Timnas Indonesia Melaju ke Olimpiade Paris 2024

Kata anggota DPRD Kabupaten Bogor itu, sudah seharusnya Bendungan Cibongas itu dibangun kembali dengan cepat, untuk pemanfaatan masyarakat.

“Saya minta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bogor untuk mengecek kembali Bendungan Cibongas,” ujar Aan Triana Al Muharom.

Dia meminta, setelah dicek, Pemda Kabupaten Bogor segera mengusulkan anggarannya kepada DPRD untuk dibahas dan bisa direalisasikan pembangunanya.

Diberitakan sebelumnya, Usai terkena bencana tahun 2020 silam, kini Bendungan Cibongas yang berada di Desa Kalong Liud, Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor, sudah tidak bisa lagi dimanfaatkan warga.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam Hangat dengan Sup Miso Tahu dan Sayuran Berkuah Gurih Bikin Nagih

Pemerintah Desa (Pemdes) Kalong Liud meminta Pemda Kabupaten Bogor, memperbaiki bendungan yang hancur diterjang banjir pada bencana 2020 lalu.

“Kondisi Bendungan Cibongas fungsinya untuk mengairi 2 kelompok tani (kelompok sukamaju dan Cempaka) luas lahan kurang lebih 80 hektar pesawahan,” kata Kepala Desa Kalong Liud Jani Nurjaman.

Jani menjelaskan, pasca bencana alam tahun 2020, sampai saat ini petani tidak dapat bercocok tanam lagi akibat tak ada air.

“Walaupun ada yang bertani karena terpaksa faktor kebutuhan untuk jaminan hidup dengan mengandalkan air tadah hujan,” pungkasnya. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================