LPBI NU Gelar Rakornas 2023 Di Depok

BOGOR-TODAY.COM – Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU mengadakan rapat koordinasi nasional (Rakornas) di Pondok Pesantren Al Hamidiyah depok, 3 Mei 2023.

Ketua LPBI NU Tb. Ace Hasan Sadzily mengatakan, Ponpes Alhmadiah penggerak pesantren hijau di Indonesia. Kegiatan ini dihadiri 22 PW LPBI jabar, Kalimantan, jarang, jadinya, Banten, Maluku dll. PC rawan bencana sebanyak 22 seperti dari depok, sidoardjo dan Bogor.

“Kami ingin melakukan konsolidasi melalui penugasan kepada ketua umum PBNU. Hadir ditenga2 masyarakat dikala masyarakat mengalami bencana,” kata Ace.

BACA JUGA :  Saat Bulan Ramadhan juga Ada Tips untuk Minum Kopi Lho, Simak Ini!

Lebih jauh dia menjelaskan, Membangun kesiapsiagaan mitigasi bencana dan perubahan iklim dengan Tema rakornas ini, spritual ekologi sejalan dengan semangat 1 abad NU merawat jagat.

Tak hanya itu, sambung dia, Perubahan iklim menjadi isu global saat ini, perubahan iklim menjadi ancaman nyata keselamatan, bencana alam terkait erat dengan perubahan iklim, dan kerugian jiwa aktivitas produksi pertanian sangat dirasakan akibat perubahan iklim.

Respon sudah dilakukan negara-negara maju, di Indonesia juga menjadi perubahan serius, Indonesia salah satu yang concern soal ini, ini menyakut eksistensi bumi.

BACA JUGA :  Ternyata Ada Buah-buahan yang Bisa Redakan Batuk Pilek, Simak Ini

“Dampaknya, cuaca ekstrem longsor, banjir dan pemanasan yang ekstrem,” ujarnya.

Dalam rakornas ini, kata dia, aksi-aksi nyata baik ditingkatkan pusat dan daerah untuk ikut serta berkontribusi merawat jagat.

Krisis lingkungan dan kerusakan alam tidak disebabkan oleh alam sendiri ada intervensi manusia dan arogansi ilmu pengetuan.

============================================================
============================================================
============================================================