5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Pasca Melahirkan

pasca melahirkan

BOGOR-TODAY.COM – Ketika mengandung, hal yang tak bisa dihindari adalah kenaikan berat badan.

Kenaikan berat badan mengikuti masa kehamilan. Semakin lama maka jumlah kenaikan berat badan semakin banyak.

Hal ini karena saat mengandung, ibu membutuhkan jumlah asupan lebih banyak ketimbang biasanya. Maka tak mengherankan, setelah melahirkan pasti tubuh terlihat tidak ideal.

Tapi tenang saja, banyak cara yang bisa kita lakukan agar tubuh kembali ideal termasuk juga menghilangkan beberapa permasalahan lain pasca melahirkan.

Berikut ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Pasca Melahirkan. Bahkan cara ini terkenal sejak lama sebagai cara tradisional :

1Mamakai Gurita Atau Stagen Bisa Kecilkan Perut Kamu

pasca melahirkan

Cara ini sudah digunakan sejak zaman nenek moyang, selain sudah terbukti manfaatnya, caranya juga cukup mudah dilakukan.

Menggunakan Gurita, stagen atau korset pasca melahirkan sangat bermanfaat untuk mengencangkan bagian perut dan mengembalikan ke bentuk semula, karena pasca melahirkan biasanya perut akan kendur dan melebar.

BACA JUGA :  Ditinggal Ibu Menyapu, Bocah di Makassar Terjebak Mesin Cuci

Tapi perlu diingat, bagi wanita yang melahirkan dengan cara caesar, jangan buru-buru untuk menggunakan stagen atau gurita. Tunggu sampai jahitan mengering terlebih dahulu

2Minum Jamu Bisa Melangsingkan

pasca melahirkan

Sama halnya stagen atau gurita, jamu juga sudah dikenal sejak zaman dahulu dan tetap eksis hingga sekarang. Banyak jamu yang dapat dikonsumsi pasca melahirkan seperti halnya kunyit asam yang memberikan khasiat dapat melangsingkan tubuh dan menyehatkan serta baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain dikonsumsi setelah melahirkan, kunyit asam juga bagus dikonsumsi sebelum melahirkan.

4Pakai Lulur Badan Untuk Hilangkan Stretch Mark

pasca melahirkan

Selain bisa kamu pakai kapanpun, lulur juga bagus bila kamu gunakan pasca melahirkan terutama jika menggunakan lulur tradisional atau dalam bahasa jawa sering disebut dengan parem. Jika tidak suka dengan parem yang memiliki bau khas dapat memilih lulur dengan bahan dasar bengkoang atau lidah buaya. Karena keduanya mampu mengencangkan kulit dan membantu menghilangkan stretch mark di kulit.

5Konsumsi Air Putih Secukupnya Biar Terlihat fresh

pasca melahirkan

Sudah terbukti jika air putih memiliki khasiat yang sangat banyak. Salah satunya dapat membantu melembabkan kulit kamu, sehingga kulit tidak kusam dan juga kering. Air putih juga akan menjaga penampilan kamu tetap terlihat fresh. Selain itu, mengkonsumsi air putih secukupnya juga penting untuk kelancaran ASI kamu. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman