Zionis Israel Memanas, Ribuan Orang Yahudi Turun Ke Jalan, Ada Apa?

ZIONIS ISRAEL DEMO
Warga Zionis itu memprotes rencana kontroversial oleh pemerintah Israel Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk merombak peradilan. (FOTO : Aljazeera)

BOGOR-TODAY.COM – Puluhan ribu masyarakat Yahudi melakukan unjuk rasa di kota-kota di seluruh Israel selama berminggu – minggu.

Warga Zionis itu memprotes rencana kontroversial oleh pemerintah Israel Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk merombak peradilan.

Selain itu pemerintah Zionis aIsrael juga mengeluarkan peraturan kekerasan mematikan yang menghantam komunitas Palestina di Israel.

Demonstrasi massa, sekitar 100.000 orang pada hari Sabtu, dimulai pada bulan Januari tak lama setelah pemerintah Zionis Israel sayap kanan Netanyahu dilantik.

Demonstran pun kian bertambah hingga berjumlah kurang lebih 200.000 demonstran yang turun ke jalan di kota – kota Israel.

BACA JUGA :  Menu Sarapan dengan Omelet Keju yang Praktis dan Lezat

Protes keras itu menuntut  mengatakan mereka tidak akan menyerah sampai pemerintah membatalkan perubahan hukum yang diusulkan daripada menunda mereka.

Di pusat Tel Aviv, pengunjuk rasa Michal Gat berkata: “Negara kami direbut oleh orang-orang ekstrem. Kami disandera”.

“Sangat penting bagi rakyat Israel untuk menjaga demokrasi Israel,” kata pekerja teknologi berusia 47 tahun itu, seperti mengutip dari Aljazeera.com.

Beberapa orang dalam protes itu juga memegang tanda-tanda yang mengkritik kelambanan pemerintah atas gelombang kejahatan yang melonjak yang telah mempengaruhi warga Palestina di Israel.

Sejak awal tahun ini, sekitar 102 warga Palestina-Israel telah tewas dalam kekerasan terkait kejahatan, menurut media Israel.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Pria Bertato di Pantai Imorenggo

Pada hari Kamis, lima warga Palestina-Israel ditembak mati di sebuah tempat cuci mobil di Yafia, sebuah kota dekat kota Nazareth, kata polisi.

Warga Palestina Israel telah lama mengeluhkan diskriminasi dan kelambanan polisi terhadap kekerasan dan kejahatan yang secara tidak proporsional mempengaruhi komunitas mereka.

“Kami tidak akan membiarkan [Itamar] Ben-Gvir lolos dari pembunuhan di masyarakat Arab,” bunyi salah satu tanda protes, mengacu pada menteri keamanan sayap kanan Israel.

============================================================
============================================================
============================================================