Grand Master Wanita Ikut Kejurda Catur Jawa Barat  

CATUR_KABUPATEN BOGOR
Iwan Setiawan membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur Provinsi Jawa Barat tahun 2023, di puncak Bogor beberapa waktu lalu. (FOTO : Diskominfo Kab. Bogor)

BOGOR-TODAY.COM – Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan membuka Kejuaraan Daerah (Kejurda) Catur Provinsi Jawa Barat tahun 2023, di puncak Bogor beberapa waktu lalu.

Iwan Setiawan memberikan penghargaan kepada Keluarga Tangguh Catur dan berharap Kejurda Catur dapat melahirkan bibit-bibit atlet berprestasi.

Penghargaan Keluarga Tangguh Catur diberikan kepada Singgih Yehezkiel sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada keluarga yang telah mendukung penuh anak-anaknya menjadi atlet catur yang handal.

Perlu diketahui, Singgih Yehezkiel adalah orang tua dari WGM Irene Kharisma Sukandar dan Diajeng Theresa Singgih.

Prestasi Irene diantaranya menjadi pecatur pertama Indonesia yang meraih Grand Master Wanita.

BACA JUGA :  Sinergi Jaga Ketahanan Pangan, Sekda Kabupaten Bogor Hadiri Rakor Bersama Sekda Se-Jawa Barat 

Irene juga wanita pertama yang menjadi Juara Asia 2 kali serta meraih medali Olimpiade, Asian Games dan Sea Games. Selain itu masih banyak ukiran prestasi dari pecatur tersebut.

Sedangkan prestasi Diajeng yang diraih saat ini yaitu sebagai Juara 2 dunia tingkat pelajar, Juara Asean kelompok umur 8 tahun, dan Medali emas PON serta Porprov.

Penghargaan Keluarga Tangguh Catur juga diberikan kepada Achmad Dedy Kusumawidjaja, ayah dari Master FIDE Arif Abdul Hafidz dan Sumardi Saidul Ula.

Prestasi Arif diantaranya pemegang Record MURI Catur Buta/tanpa melihat papan catur melawan 15 orang sekaligus.

BACA JUGA :  Wajib Tahu, Ini Dia 5 Penyebab Kentut Bau Busuk, yang Terakhir Sangat Berbahaya

Selain itu meraih medali emas pada Kejuaraan Asia Tenggara di Vietnam, serta prestasi lainnya.

Sedangkan Sumardi pernah meraih medali emas pada Kejuaraan Mahasiswa Asia Tenggara serta medali emas di Kejurnas tahun 2011 dan prestasi lainnya.

“Prestasi olahraga atlet bukan hanya ditentukan oleh kualitas pelatih dan managerial, tapi juga penting dukungan dan peran orangtua atau keluarga sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kesuksesan seorang atlet,” ucap Iwan Setiawan.

============================================================
============================================================
============================================================