TP-PKK Kabupaten Bogor dan Gunung Kidul Belajar Tentang Program UP2K

PKK_KABUPATEN BOGOR
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gunung Kidul belajar ke TP-PKK Kabupaten Bogor. (FOTO : Diskominfo Kab. Bogor)

BOGOR-TODAY.COM – Untuk meningkatkan implementasi program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK) Kabupaten Gunung Kidul belajar ke TP- PKK Kabupaten Bogor.

Ketua TP- PKK Kabupaten Bogor, Halimatussadiyah mengungkapkan, sebagai mitra Pemerintah TP- PKK Kabupaten Bogor.

Senantiasa menjalin sinergi baik dengan seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor, kecamatan, desa hingga kelurahan.

Serta mengedepankan kesepakatan bersama baik melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Rakernas juga Rakerda.

TP- PKK dalam menentukan program prioritas TP- PKK Kabupaten Bogor sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

“Sumber daya manusia juga terus kami upgrade kemampuan dan pengetahuannya, melalui pelatihan, peningkatan pengetahuan,” kata dia.

“Kader dasa wisma, pelatihan ketua Tim penggerak PKK desa, pelatihan sekretaris, bendahara, bahkan pelatihan untuk pokja-pokja,” beber Halimatussadiyah.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 15 Mei 2024

Halimatussadiyah menambahkan, demikian pula peningkatan kemitraan dengan SKPD dan lembaga terkait lainnya, senantiasa diupayakan agar kualitas hasil pelaksanaan kegiatan 10 program pokok PKK termasuk program UP2K lebih meningkat lagi.

“Sehingga eksistensi tim penggerak PKK dan kader PKK dapat semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Ketua TP-PKK Gunung Kidul, Diah Purwanti Sunaryanta mengungkapkan, disamping sebagai peningkatan pendapatan keluarga, program UP2K merupakan strategi alternatif.

Dalam memberdayakan ekonomi masyarakat pasca Covid-19 dan sangat penting dalam mengembangkan pemberdayaan ekonomi. Sehingga diperlukan tata kelola yang baik dalam pengembangan UP2K.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Berpesan Agar Jamaah Haji Laksanakan Seluruh Rangkaian Ibadah Haji Dengan Baik

Menurutnya, luasnya wilayah Kabupaten Bogor dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia.

Menjadi tantangan yang luar biasa, salah satunya dalam meningkatkan peningkatan pendapatan keluarga di Kabupaten Bogor.

Meski demikian TP- PKK Kabupaten Bogor justru menjadikan tantangan itu sebagai semangat sehingga program UP2K bisa berjalan dengan baik di Kabupaten Bogor.

“Itu salah satu alasan kami memilih Kabupaten Bogor sebagai tempat kami menimba ilmu bagaimana program UP2K bisa diimplementasikan dengan baik di Kabupaten Bogor,” kata dia.

“Ini juga salah satu untuk memperkuat sinergi dan silaturahmi antara kami dengan TP- PKK Kabupaten Bogor,” pungkasnya. ***

  

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================