Waduh, Kapal Selam Titanic Kemungkinan Meledak, Begini Penjelasannya Penjaga Pantai AS

KAPAL SELAM TITANIC JILANG
kemungkinan, Kapal Selam Titanic yang sedang melakukan wisata bangkai kapal Titanic itu meledak, kata Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS). (FOTO : Aljazeera)

BOGOR-TODAY.COM –  Kapal Selam Titanic yang telah hilang selama berhari-hari di Samudra Atlantik dengan lima orang di dalamnya mengalami bencana.

Besar kemungkinan, Kapal Selam Titanic yang sedang melakukan wisata bangkai kapal Titanic itu meledak, kata Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS).

Laksamana Muda AS, John Mauger mengatakan bahwa kendaraan bawah air (ROV) atau Kapal Selam Titanic yang dioperasikan dari jarak jauh menemukan puing-puing dari haluan Titanic.

Bangkai kapal berusia seabad yang menjadi tujuan ekspedisi Kapal Selam Titanic itu mengalami musibah. “Puing-puing itu konsisten dengan ledakan kapal yang dahsyat,” kata Mauger kepada wartawan.

Kapal Selam Titanic yang hilang sejak Minggu di lepas pantai timur Kanada, memicu pencarian besar-besaran yang mencakup ribuan kilometer melintasi Atlantik Utara.

Akhirnya meminat dan daya tarik lembaga AS dan Kanada serta bantuan internasional lainnya untuk melakukan pencarian Kapal Selam Titanic itu.

BACA JUGA :  Santri di Bogor Lapor Polisi Usai jadi Korban Penganiayaan Seniornya, Sempat Dilempar Botol Beling

OceanGate, perusahaan yang memiliki kapal tersebut, telah mengumumkan pada hari Kamis bahwa lima awak kapal empat turis dan CEO perusahaan, yang mengemudikan kapal selam diyakini telah meninggal.

“Kami sekarang percaya bahwa CEO kami Stockton Rush, Shahzada Dawood dan putranya Suleman Dawood, Hamish Harding, dan Paul-Henri Nargeolet, sayangnya telah hilang,” kata perusahaan itu.

Dawood adalah seorang pengusaha Pakistan-Inggris; putranya berusia 19 tahun. Harding adalah miliarder Inggris dan Gargeolet adalah penjelajah Prancis berusia 77 tahun.

“Orang-orang ini adalah penjelajah sejati yang memiliki semangat petualangan yang berbeda, dan hasrat mendalam untuk menjelajahi dan melindungi lautan dunia. Hati kami bersama kelima jiwa ini dan setiap anggota keluarga mereka selama masa tragis ini,” kata OceanGate.

Mauger mengatakan selama konferensi pers hari Kamis bahwa ROV pertama kali menemukan kerucut ekor kapal selam sekitar 500 meter (1.600 kaki) dari haluan Titanic.

BACA JUGA :  Melenggang di Pilgub Jabar 2024, Bima Arya Beberkan Sejumlah Program

Dan kemudian menemukan lima bagian utama yang konsisten dengan kehilangan tekanan yang sangat besar di kapal.

“Atas keputusan ini, kami segera memberi tahu keluarga. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga,” kata dia.

“Saya hanya bisa membayangkan seperti apa rasanya bagi mereka. Dan saya berharap penemuan ini memberikan penghiburan selama masa sulit ini,” imbuhnya.

Mauger mengatakan suara-suara bawah laut yang terdeteksi awal pekan ini, yang menawarkan secercah harapan saat kru berlomba untuk menemukan penumpang yang hilang, tidak terkait dengan kapal tersebut.

Dia mengatakan ledakan Titan akan menghasilkan suara broadband yang signifikan yang akan ditangkap oleh pelampung sonar yang digunakan oleh kru pencari.

The Wall Street Journal dan The Associated Press sejak mengutip pejabat yang tidak disebutkan namanya di Angkatan Laut AS mengatakan.

============================================================
============================================================
============================================================