Viral Sungai di Madura
Kondisi terkini Sungai di Madura mendadak berubah jadi merah darah. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COMViral Sungai di Madura, tepatnya di Kota Pamekasan, Madura, Jawa Timur mendadak menjadi merah darah. Peristiwa itupun membuat panik warga.

Menurut Supriadi, warga setempat menyebut peristiwa itu telah berlangsung sejak Minggu 9 Juli 2023 kemarin. Hingga Senin 10 Juli 2023, aliran sungai berwarna merah pekat ini sudah meluas ke wilayah Klampar, Jungcangcang, dan Bugih.

BACA JUGA :  Pentingnya Patologi Anatomik, Ini Jadwal Dokternya di RSUD Leuwiliang

“Sudah dari kemarin berubah merah. Ya kaget warga, soalnya tidak pernah seperti ini,” kata Supriadi.

Hingga saat ini, perubahan unik warna aliran sungai menjadi merah darah menarik perhatian warga yang melintas di sekitar daerah aliran sungai.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan, Supriyanto menungkap penyebab penampakan air sungai di Kabupaten Pamekasan, Madura yang berubah menjadi warna merah darah.

BACA JUGA :  Jadwal Pertandingan Thailand Open 2024, 14 - 19 Mei 2024

Berdasarkan penelitian, sungai tersebut berubah jadi merah darah akibat akibat limbah bahan kimia pewarna pembuatan batik di wilayah setempat.

Pihaknya menyebut air warna merah di DAM Desa Klampar Proppo yang mengalir ke Sungai Bugih, ternyata disebabkan bahan kimia tekstil yang diganakan untuk pembuatan batik.

============================================================
============================================================
============================================================