aplikasi lowongan kerja
Ilustrasi pencari kerja. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Di era modern seperti sekarang, mencari pekerjaan dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menggunakan aplikasi lowongan kerja yang dapat diakses secara online. Tentu saja hal ini memudahkan para pencari kerja karena tak perlu lagi menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya untuk mencari pekerjaan.

Sejauh ini, terdapat beberapa aplikasi lowongan kerja tepercaya yang dapat kamu gunakan. Aplikasi tersebut dapat merekomendasikan jenis pekerjaan dan perusahaan terbaik berdasarkan pengalaman, minat, dan kemampuan kamu. Kira-kira apa saja aplikasinya?

Bagi kamu para fresh graduate atau yang sedang ingin switch karier, berikut daftar rekomendasi aplikasi lowongan kerja yang dapat kamu gunakan untuk mencari pekerjaan impian.

  1. LinkedIn

LinkedIn merupakan sebuah portal profesional terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 690 juta pengguna dari berbagai negara yang didirikan pada tahun 2002 di Amerika Serikat. Sebagian besar perusahaan memiliki akun LinkedIn dan menggunakannya untuk merekrut calon karyawan.

Melalui LinkedIn, perusahaan dapat dengan mudah mencari dan mengetahui data profesional seorang pelamar. Untuk itu, segera lengkapi profil dan portofolio kamu sehingga para recruiters akan tertarik untuk menghubungi kamu dan melakukan proses rekrutmen.

  1. Glints

Glints merupakan salah satu aplikasi lowongan kerja asal Singapura. Selain menyediakan informasi lowongan pekerjaan, Glints juga menyediakan informasi seputar magang yang sangat cocok bagi mahasiswa tingkat akhir yang ingin mencari pengalaman.

Selain itu, pada aplikasi ini terdapat sebuah fitur penyedia jasa konsultasi dan rekomendasi pengembangan karir. Fitur ini dapat memungkinkan kamu melakukan live-chat kepada para ekspertise untuk membantu menemukan pekerjaan terbaik yang cocok dengan bidang kamu.

  1. Aplikasi lowongan kerja Kalibrr
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 15 Mei 2024

Kalibrr merupakan platform yang sering digunakan oleh perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Perusahaan asal Filipina ini telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2016 dan saat ini tercatat telah memiliki lebih dari 500 ribu users.

Beberapa perusahaan besar asal Indonesia seperti IDN Times, Gojek, Bukalapak, hingga BCA, memanfaatkan Kalibrr sebagai media untuk merekrut karyawan baru. Di aplikasi ini, kamu juga akan menemukan berbagai pekerjaan dan perusahaan terbaik berdasarkan kemampuan, minat, dan pengalaman kamu.

  1. JobStreet

Pasti kamu sudah tidak asing lagi  dengan aplikasi lowongan kerja yang satu ini. JobStreet merupakan salah satu aplikasi penyedia informasi lowongan pekerjaan yang telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Berasal dari Malaysia, JobStreet ini tidak hanya menyediakan informasi pekerjaan di Indonesia saja. Jangkauannya cukup luas yang meliputi beberapa negara Asia Tenggara, seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

Tentunya aplikasi ini sangat memudahkan para jobseeker karena di dalam aplikasi ini terdapat lebih dari 200 ribu pekerjaan yang ditawarkan. Selain itu, JobStreet juga memiliki fitur mobile notification yang akan memberitahu users terkait informasi lowongan pekerjaan terbaru setiap harinya.

  1. Indeed
BACA JUGA :  Pentingnya Patologi Anatomik, Ini Jadwal Dokternya di RSUD Leuwiliang

Indeed Job Search adalah aplikasi lowongan kerja yang memiliki berbagai macam fitur untuk memudahkan para jobseeker. Selain itu, kamu juga dapat menemukan berbagai lowongan pekerjaan dari 60 Negara dan 28 bahasa berbeda pada aplikasi ini.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan yang lokasinya dekat dari rumah, kamu bisa mencari lowongan pekerjaan dengan memanfaatkan fitur GPS.  Di Indeed, kamu juga bisa menemukan berbagai pekerjaan freelance atau bahkan magang sekalipun, lho.

  1. Aplikasi lowongan kerja JobsDB

JobsDB merupakan platform untuk mencari pekerjaan yang masih satu induk dengan JobStreet. JobsDB pertama kali didirikan pada tahun 1998, dimana satu tahun setelah JobStreet berdiri.

Perbedaan antara JobsDB dengan JobStreet adalah wilayah operasionalnya. Apabila JobStreet lebih terfokus pada wilayah Asia Tenggara, maka JobsDB jangkauannya jauh lebih luas karena melingkupi seluruh Asia.

  1. Facebook (Group Lowongan Kerja)

Siapa sangka, Facebook selain sering digunakan sebagai media sosial ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan, lho. Di Facebook, kamu bisa menemukan berbagai grup yang menawarkan lowongan pekerjaan.

Apabila kamu bergabung dalam grup tersebut, maka kamu akan mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan terbaru setiap harinya. Menariknya, kamu dapat bergabung dengan grup lowongan kerja yang berada di wilayah tertentu, seperti Grup Lowongan Kerja Jakarta, Grup Lowongan Kerja Bandung, dan sebagainya.

============================================================
============================================================
============================================================