Danau Quarry Rumpin Bogor
Danau Quarry Rumpin Bogor. Foto : istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Wisata danau bisa dijadikan lokasi paling cocok liburan bersama teman atau pasangan, sebab pesona wisata danau selain memberikan pemandangan eksotis juga memberikan kesan romantis.

Tak hanya danau Toba di Sumatra Utara, Kabupaten Bogor yang berada di selatan DKI Jakarta ini memiliki segudang objek wisata alam memukau, seperti destinasi wisata Danau Quarry Rumpin Bogor.

Bagi warga Bogor sudah tak asing lagi, sebab wisata danau Jawa Barat tersebut cukup hits di kalangan traveler di Bogor. Danau yang terletak di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat memiliki potensi bahan material batu dan pasir memberikan kesan eksotis sangat indah dan menyejukkan sejauh mata memandang.

Keindahan warna air danau kehijauan, belum lagi keindahan tebing bebatuan yang tertata merupakan daya tarik bagi pengunjung sekedar berfoto di wisata danau Bogor tersebut.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Beruntun di Ciampea Bogor

Hanya saja, demi keselamatan pengunjung tak diijinkan berenang di lokasi wisata. Namun tak perlu khawatir, karena bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti berfoto, berselfie, menggunakan fasilitas wisata telah disediakan, menikmati pesona sunset dan menyusuri area danau menggunakan kapal maupun berjalan kaki.

Sejarah Danau Quarry

Danau Quarry berawal dari galian tambang, lalu muncul lah genangan air yang berwarna hijau tua. Danau terbentuk akibat bekas galian pertambangan pemecah batuan agar menghasilkan beton berkualitas.

Namun kegiatan tambang itu banyak diprotes oleh masyarakat setempat, sehingga kegiatan pertambangan pun berhenti pada pertengahan jalan. Setelah lama tak digunakan, bekas tambang itu pun digenangi oleh air hujan selama bertahun-tahun lamanya sehingga terbentuk lah danau buatan secara tak sengaja. Dulu danau di Bogor itu bernama danau Jayamix Rumpin.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, 14 Mei 2024

Sejak kejadian itulah, kawasan pertambangan itu berubah menjadi lokasi wisata bagi warga Bogor dan sekitar, sehingga bisa meningkatkan segi ekonomi masyarakat setempat.

Pesona danau menyuguhkan air berwarna hijau tosca yang dikelilingi oleh kawasan perbukitan. Kedalaman danau Quarry Jayamix Rumpin Bogor mencapai 27 meter, mungkin itulah menjadi salah satu alasan mengapa pengunjung tak boleh berenang disana.

Pengelola wisata telah menyediakan berbagai fasilitas wisata berupa wahana seperti sepeda air yang berada di bawah. Supaya pengunjung bisa sampai ke lokasi bawah, sebaiknya berhati-hati ketika melewati tebing-tebing cukup curam.

============================================================
============================================================
============================================================