Tirta Pakuan Berhasil Pindahkan Pipa HDPE di Perlintasan Kereta Api Cipaku, Distribusi Air Kembali Normal

Proses perbaikan pipa bocor milik Tirta Pakuan Kota Bogor di perlintasan kereta api, Cipaku.

BOGOR-TODAY.COM – Tirta Pakuan Kota Bogor baru-baru ini berhasil memindahkan pipa baru akibat kebocoran pada pipa HDPE 12 inchi di perlintasan kereta api, Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan.

Saat ini, Tirta Pakuan mengklaim distribusi air ke pelanggan terdampak yakni di zona 5 meliputi Rangga Mekar dan sekitarnya sudah normal kembali.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf mengatakan, berdasarkan hasil analisa kebocoran pipa, kemungkinan pecah akibat tekanan dan aktivitas kereta diperlintasan Bogor-Sukabumi.

“Iya, perlintasa rel ini dulunyakan cuman satu, satu track, artinya secara ketentuan konturksi kita sudah memenuhi ada istilahnya casing. Kita sudah memenuhi kurang lebih 18 meter,” tegas Ardani saat dihubungi, pada Sabtu (22/7/2023).

BACA JUGA :  Disdukcapil Kota Bogor Berlakukan Antrean Daring Prima Antri, Ini Fungsinya

Ardani mengungkapkan, pada saat perlintasan kereta Bogor Sukabumi hanya memiliki satu rel, pipa yang berada di bawahnya tergolong aman. Sebab, pipa tersebut memiliki pembungkusan dengan pipa yang memilik ukuran lebih besar.

Namun, seiring pembangunan jalur ganda atau double track kereta api Bogor – Sukabumi yang menjadi percepatan proyek strategis nasional (PSN) Jawa Selatan, satu pipa Tirta Pakuan menjadi rentan pecah.

“Satu pipa lagi belum dipasang casing, sehingga ketika terjadi pergerakan kereta api, ini berdasarkan analisis kami ya ada pembebanan yang menekan terhadap pipa. Sehingga mengakibatkan pipa pecah,” terang dia.

BACA JUGA :  Datangi ke Lokasi Bencana di Kota Bogor, Hery Antasari Tinjau Penanganan dan Mitigasi

Saat awal mendapatkan informasi adanya kebocoran, dijelaskan Ardani sempat salah perkiraan lantaran di lokasi tersebut juga pernah terjari kebocoran.

“Ternyata bukan dititik itu, tapi dari atas dari dalam casing keluarnya. Kita pindah ke sebrang di luar rel, pas kita gali kering, nah tim deteksi kebocoran mendeteksi kebocoran di tengah tengah track yang baru,” tandas dia.

============================================================
============================================================
============================================================