Buku Perilaku Komunikasi Gerakan Sosial Komunitas Generasi Cerdas Iklim Dibedah di Ngariung Komunitas

Ngariung Komunitas sekaligus Bincang Buku "Perilaku Komunikasi Gerakan Sosial Komunitas Generasi Cerdas Iklim".

BOGOR-TODAY.COM – Bogor Ngariung selenggarakan Ngariung Komunitas sekaligus Bincang Buku bersama sang penulis Robby Filiandoko yang diadakan di Circuloo Coffee pada Minggu 23 Juli 2023.

Acara tersebut dipandu oleh Kak Hima dari Bogor Ngariung selaku moderator dan dihadiri langsung oleh Founder Generasi Cerdas Iklim (GCI) yaitu Kang Ikrom Mustofa.

Buku yang berjudul “Perilaku Komunikasi Gerakan Sosial Komunitas Generasi Cerdas Iklim” merupakan buku pertama yang ditulis oleh Robby Filiandoko sebagai hasil dari penelitian untuk Program S2 nya di Institut Pertanian Bogor program studi Komunikasi Pembangunan. Founder sekaligus Dosen FISIPKOM Universitas Djuanda ini memilih Komunitas Gerakan Cerdas Iklim sebagai objek penelitiannya.

BACA JUGA :  Bula Seram Bagian Timur Maluku Diguncang Gempa Terkini M5,8

“GCI ini komunitas yang keren, yang luar biasa, GCI bisa berkolaborasi dengan berbagai stakeholder. Ketika saya mencoba melakukan penelitian ini pun saya harus ganti teori berkali-kali karena belum ada kajian komunikasi komunitas dan ini menjadi salah satu visi saya kedepan, bahwa saya ingin menjadi penemu Teori Komunikasi Komunitas,” tuturnya

Founder GCI Kang Ikrom menjelaskan bahwa GCI sendiri merupakan sebuah komunitas sosial yang bergerak di permasalahan perubahan iklim. Komunitas ini berdiri pada tahun 2015 dan didirikan oleh Ikrom Mustofa. Awalnya GCI terbentuk menjadi sebuah komunitas saja, karena menjadi pemenang dalam sebuah perlombaan akhhirnnya GCI mengubah statusnya menjadi yayasan.

“Berawal di tahun 2019 ketika mendaftarkan diri di perlombaan Organisasi Kepemudaan Jawa Barat dan tidak disangka kita mendapatkan juara pertama Organisasi Kepemudaan Bidang Lingkungan Hidup. Karena hadiah juara yang tidak bisa dicairkan jika tidak ada nama yayasan atau legal formal resmi, kami langsung membuat GCI menjadi Yayasan Generasi Cerdas Iklim dengan membuat 3 unit pengabdian yaitu unit pengabdian masyarakat, unit kepelatihan kebencanaan dan lembaga beasiswa bakti GCI,” jelas pria yang kerap disapa Kang Ikrom.

BACA JUGA :  Diduga Karena Salah Paham, Warga Palembang Dibacok Tetangga

Selain bercerita mengenai perjalan GCI di dalam bukunya, Robby juga mampu memecahkan teori teori komunikasi komunitas yang digunakan sebagai parameter keberhasilan komunitas yang diraih GCI.

============================================================
============================================================
============================================================