4 Rempah Alami untuk Atasi Gula Darah Yang Menumpuk

GULA DARAH

BOGOR-TODAY.COM – Seperti yang kita ketahui, penyakit diabetes melitus atau biasa disebut penyakit gula merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat. Hal tersebut tentunya terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari gaya hidup hingga makanan yang dikonsumsi.

Penderita diabetes biasanya harus minum obat-obatan dan melakukan diet tertentu untuk dapat menstabilkan gula dalam darah.

Seperti yang terjadi pada penderita diabetes melitus tipe 2. Penderita diabetes melitus tipe 2 harus minum obat untuk menjaga kadar gula darah agar stabil.

Selain minum obat dokter, penderita diabetes tipe 2 juga bisa minum obat herbal / alami. Obat alami diabetes bisa ditemukan dengan mudah. Pasalnya, obat alami diabetes berasal dari bahan-bahan herbal yang selama ini digunakan di dapur.

Untuk diketahui, kadar gula darah sewaktu (GDS) atau kadar gula darah tanpa puasa di level normal adalah kurang dari 200 mg/dl. Kemudian kadar gula darah puasa (GDP) normal kurang dari 126 mg/dl.

BACA JUGA :  Elektabilitas Calon Bupati Bogor Jaro Ade Meroket, Ini Hasil Survei Poltracking Indonesia

Jika kadar gula darah melebihi jumlah batas normal, berarti rawan terkena diabetes. Oleh karena itu, penting untuk segera minum obat jika kadar gula darah tinggi.

Diabetes melitus sendiri terdiri dari beberapa jenis yang memiliki penyebab spesifik berbeda-beda, yaitu:

Diabetes tipe 1: penyakit autoimun.

Sistem imun menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas, tempat insulin dibuat.

Diabetes tipe 2: terjadi ketika tubuh Anda menjadi resisten terhadap insulin dan gula menumpuk di dalam darah Anda. Gestational: gula darah tinggi selama kehamilan. Hormon penghambat insulin yang diproduksi oleh plasenta menyebabkan jenis diabetes ini. Nah, yang banyak terjadi di Indonesia adalah orang menderita diabetes tipe 2.

Berikut obat alami untuk mengatasi diabetes tipe 2

1Gymnema

Obat alami diabetes tipe 2 yang ketiga adalah Gymnema. Gymnema atau lengkapnya Gymnema sylvestre adalah tanaman rambat mirip sirih yang berasal dari India yang dapat menjadi obat alami untuk mengatasi diabetes.

BACA JUGA :  Fenomena Suhu Udara Dingin yang Terjadi di Indonesia, Ternyata Ini Penyebabnya

Tanaman ini dijuluki “penghancur gula” dan banyak dimanfaatkan dalam pengobatan Ayurdeva. Satu ulasan pada 2019 dari studi pada hewan pengerat tentang diabetes menunjukkan bahwa Gymnema memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menurunkan kadar glukosa darah
  • Meningkatkan antioksidan
  • Mengurangi stres
  • Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida
  • Menurunkan berat badan dan menghambat akumulasi lemak
  • Meningkatkan produksi insulin
  • Menurunkan risiko peradangan

Satu studi manusia menemukan mereka yang mengonsumsi mint yang mengandung gymnema melaporkan keinginan yang lebih rendah untuk makanan manis seperti cokelat. Jadi, mengkonsumsi Gymnema dapat membantu penderita diabetes mengurangi asupan gula.

2Pare

GULA DARAH

Obat alami diabetes tipe 2 yang kedua adalah pare. Pare yang memiliki nama ilmiah Momordica charantia, sudah berabad-abad dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional di China dan India. Pare mampu membantu Anda mengelola diabetes.