Talkshow Lentscape 6.0 di SMA IT Ummul Quro, Bima Arya: Jadilah Pemimpin Beradab

Talkshow kepemimpinan Lentscape 6.0.

BOGOR-TODAY.COM – Wali Kota Bogor, Bima Arya membagikan definisi pemimpin dan kepemimpinan, pengalaman serta pengetahuan menjadi seorang pemimpin dalam talkshow kepemimpinan Lentscape 6.0 yang diselenggarakan SMA IT Ummul Quro, Sabtu (5/8/2023).

Kegiatan Lentscape 6.0 dilaksanakan rutin setahun sekali sebagai lomba kepemimpinan berupa debat, diskusi dan penyampaian makalah. Pelaksanaan tahun ini diikuti 15 sekolah, salah satunya dari Jakarta.

Menurut Bima Arya, pemimpin adalah orang yang tahu arah yang ingin dituju, mampu menunjukkan serta memimpin ke arah tersebut apapun jabatan pimpinannya. Dan menjadi pemimpin itu tidak mudah, dari banyak syarat, menjadi pemimpin, salah satunya adalah tahu arah mana yang ditujukan.

BACA JUGA :  Paripurna LKPJ Wali Kota Bogor 2023, Pemkot Siap Tindaklanjuti Rekomendasi

“Ketika saya dilantik menjadi Wali Kota Bogor, pertama kali yang saya nyatakan adalah membawa Kota Bogor dari Kota sejuta angkot menjadi kota sejuta taman dan sebagai kota yang bersih. Penting bagi seorang pemimpin itu tahu mau kemana, bisa menunjukan arah dan memimpinnya. Semakin cepat anak muda tahu mau kemana, maka akan semakin cepat dia mengenal diri dan semakin cepat ‘selesai’ dengan dirinya,” kata Bima Arya.

Kepemimpinan itu lanjut Bima Arya, adalah aksi bukan posisi, percuma jadi ketua namun hanya sebatas retorika tidak beraksi. Selain aksi, pemimpin harus memiliki visi untuk memandang ke depan, tidak semua pemimpin mampu membumikan visinya. Dibutuhkan jam terbang untuk mampu menerjemahkan visi menjadi hal yang konkret.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor Hari Ini, Sabtu 4 Mei 2024

Pemimpin adalah seseorang yang berdiri sendiri diatas kerumunan karena prinsip, memiliki nilai dan memiliki inisiatif, tidak asal berbeda dengan yang lain. Aspek lain yang paling kuat dan tidak mudah menjalaninya bagi seseorang yang ingin menjadi pemimpin adalah integritas atau nilai, menyatukan antara kata dan perbuatan.

============================================================
============================================================
============================================================