Musim Kemarau 2023, Dirtek Tirta Pakuan Sebut Distribusi Air ke Pelanggan Masih Aman

Pengecekan kondisi air di Instalasi Air milik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor.

BOGOR-TODAY.COM – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor memastikan dua sumber air baku yang didistribusikan kepada ratusan ribu pelanggan setiap harinya aman meskipun musim kemarau di tahun 2023.

Adapun, dua sumber air baku pertama yang dimiliki Perumda Tirta Pakuan memanfaatkan Sungai Ciliwung berkapasitas 300 liter per detik dan Sungai Cisadane berkapasitas 2.100-2.200 liter per detik yang disalurkan melalui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Katulampa.

“Sampai sejauh ini real time produksi per jam, sampai sejauh ini baik Ciliwung dan Cisadane kita masih produksi sesuai kapasitas yang ada, meski saya mendapatkan informasi bahwa di Bendung Katulampa (debit air) sudah 0 centi meter,” kata Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf, Kamis (10/8/2023).

BACA JUGA :  Pemkot Bogor Fasilitasi Rosmini Layanan PPKS, Kini Kondisinya Sudah Tenang

Menurut Ardani Yusuf, air yang mengalir ke Perumda Tirta Pakuan untuk di Sungai Ciliwung berada di hulu dan sodetan sehingga relatif aman, dan kapasitas air yang masuk ke SPAM Katulampa tercatat sebanyak 300 liter per detik.

BACA JUGA :  Profil Maarten Paes, Kiper FC Dallas jadi Pemain Naturalisasi Berdarah Kediri

Air yang masuk ke SPAM Katulampa, dijelaskan Ardani Yusuf untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berada di Kecamatan Bogor Timur dan sebagian Bogor Selatan.

Sedangkan pemanfaatan sumber air baku yang paling besar kapasitanya berada di Sungai Cisadane, di mana berkisar 2.100-2.200 liter per detik masuk melalui SPAM Dekeng dan Cipaku.

“Hampir 80 persen layanan air bersumber dari Cisadane melalui SPAM Deleng dan Cipaku,” kata dia.

============================================================
============================================================
============================================================