Bukan Hanya Google, Facebook pun Siap Hengkang Dari Indonesia

FACEBOOK
Saat ini pemerintah tengah menggodok aturan terkait royalti media atau dikenal sebagai 'Publisher Rights'. Kementerian Kominfo juga siap menghadapi risiko dari platform digital terkait hal tersebut. (FOTO : IST)

BOGOR-TODAY.COM Bukan hanya Google yang tidak menginginkan peraturan presiden salah satunya mengatur tentang Publisher Right, namun Facebook juga siap ikuti langkah Google jika aturan itu diberlakukan.

Saat ini pemerintah tengah menggodok aturan terkait royalti media atau dikenal sebagai ‘Publisher Rights’. Kementerian Kominfo juga siap menghadapi risiko dari platform digital terkait hal tersebut.

“Ya, harus siap dihadapi,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong.

BACA JUGA :  Kecelakaan 2 Mobil di Bangka Barat Tabrakan hingga Terpental

Dia mengharapkan Google, Facebook cs tak sampai hengkang dari Indonesia. Pasalnya, ia mengatakan para platform diikutsertakan dalam pembahasan draf aturan itu.

“Semoga tidak hengkang. Kita ajak mereka juga membahas draf publisher rights, Platform memberi sejumlah masukan,” jelasnya.

Facebook sempat hengkang dari Australia setelah menerapkan aturan serupa beberapa tahun lalu. Saat itu masyarakat Australia sempat tidak bisa mengakses atau membagikan berita apapun dari akun mereka.

BACA JUGA :  Jatim Diguncang Dua Gempa Terkini, M 5,3 Malang dan M 4,0 Pacitan

Facebook dan juga Google sempat menentang aturan itu di Australia. Melansir laman BBC, dua platform mengatakan regulasi salah memahami cara kerja internet.

Namun akhirnya Facebook membuka lagi akses di Australia. Menurut media sosial itu, pemerintah setempat telah mengklarifikasi akan mempertahankan kemampuan memutuskan apakah berita muncul di Facebook. Jadi, tidak otomatis tunduk pada negosiasi paksa.

============================================================
============================================================
============================================================