Bakal Ada Diskon Tarif dan Promosi LRT Jabodebek, Berikut Rincian Harga Sekaligus Rute

LRT Jabodebek
Light rail transit atau LRT Jabodebek. Foto : lrtjakarta.co.id

BOGOR-TODAY.COM – Pemerintah berniat untuk menawarkan diskon tarif dan promosi kepada masyarakat saat LRT Jabodebek resmi beroperasi pada 26 Agustus 2023. Namun, besaran diskon atau promo tersebut belum ditentukan dan masih dalam tahap usulan.

Usulan itu datang dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Ada dua skema promo tarif LRT Jabodebek yang diusulkan Kemenhub, yakni diskon 78 persen dan diskon tarif terjauh sebesar Rp20.000.

BACA JUGA :  Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah Hadiri Reform Knowledge Sharing

DJKA masih merumuskan konsep, baik besaran dan waktu pelaksanaannya, serta perumusan regulasi yang menjadi dasar hukum pemberlakuan promo ini.

“Kalau ini disetujui, kami akan terapkan saat LRT Jabodebek beroperasi komersial pada akhir Agustus mendatang,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Risal Wasal dalam pernyataannya, dikutip Minggu (20/8/2023).

BACA JUGA :  Santri di Bogor Lapor Polisi Usai jadi Korban Penganiayaan Seniornya, Sempat Dilempar Botol Beling

Usulan diskon atau tarif tersebut bukan tanpa alasan. Menurut Risal, diskon atau tarif diharapkan membuat masyarakat mau beralih menggunakan moda transportasi umum.

Dengan begitu, polusi udara yang saat ini menjadi masalah di wilayah perkotaan, khususnya Jabodetabek bisa sedikit teratasi.

============================================================
============================================================
============================================================