Terbesar di Asia Tenggara, PLN Selesaikan PLTS Terapung Cirata Berkapasitas 192 Megawatt

PLTS terapung Cirata di Jawa Barat (dok. PLN)

BOGOR-TODAY.COM – PT PLN (Persero) akan segera menyelesaikan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung Cirata di Purwakarta, Jawa Barat. Dengan kapasitas 192 megawattpeak (MWp), pembangkit listrik ini akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara ketika selesai dan beroperasi.

“Saat ini, kami sedang melakukan berbagai uji coba dan memastikan listrik dari PLTS ini bisa terdistribusi dengan baik. Kami optimistis akhir Oktober 2023, sekaligus memperingati Hari Listrik Nasional, PLTS ini bisa diresmikan,” kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, seperti dikutip IDN Times, Selasa (12/9/2023).

BACA JUGA :  Bejat, 5 Santriwati Dicabuli dan Diperkosa Pimpinan Ponpes di Lombok Barat

PLTS terapung Cirata merupakan hasil kolaborasi antara subholding PLN Nusantara Power dan perusahaan energi asal Uni Emirat Arab (UEA), Masdar.

Lewat kolaborasi tersebut, proyek PLTS terapung Cirata mampu menyerap lebih dari 1.400 tenaga kerja lokal. Dengan menerapkan teknologi yang canggih, PLTS ini juga turut melahirkan kompetensi baru bagi PLN.

“Tadi, saya bertemu dengan beberapa personel, lulusan universitas terbaik negeri ini. Saya tanya setahun yang lalu apakah mereka paham bagaimana membangun dan mengoperasikan PLTS terapung ini? They know nothing about this. Banyak sekali tantangan yang harus diselesaikan. Namun, tantangan tersebut berhasil kami petakan dan kami cari jalan keluarnya. Tantangan tersebut ternyata membuat kami semakin kuat,” tutur Darmawan.

BACA JUGA :  Simak Jadwal Pertandingan dan Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Guinea

Pembangunan PLTS terapung Cirata menelan biaya investasi hingga Rp1,7 triliun. Proyek ini, diklaim Darmawan, mampu menghasilkan pengembalian investasi yang menarik dan meningkatkan kepercayaan investor serta sekaligus menjawab tantangan energi bersih.

============================================================
============================================================
============================================================