Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

BOGOR-TODAY.COM – wilayah barat Alun-alun Suryakencana, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mengalami insiden kebakaran pada hari Senin (18/9/2023) siang. Kebakaran ini mengancam lahan taman Edelweis yang berdekatan dengan titik api.

Kebakaran terdeteksi pada pukul 11.58 WIB dan terekam melalui kamera pengawas (CCTV) yang terpasang di bagian barat Alun-alun Suryakencana. Gambar dari CCTV menunjukkan bahwa rerumputan juga sudah terbakar dan menghitam.

BACA JUGA :  Erupsi Melanda Gunung Ibu 2 Kali Pagi Ini, Semburkan Abu Vulkanis Setinggi 1 Km

Sapto Aji Prabowo, Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), mengonfirmasi kejadian ini.

Balai Besar TNGGP telah mengirim tim untuk mengecek langsung area yang terbakar di Alun-alun Suryakencana. Upaya pemadaman sedang dilakukan untuk menghindari penyebaran api ke taman Bunga Edelweis yang berdekatan dengan sabana yang terbakar.

BACA JUGA :  Wasekjen DPP Golkar Tegaskan Jaro Ade Satu - satunya Calon Bupati Bogor Dari Golkar

“Kira-kira 150 meter dari titik api itu merupakan taman Bunga Edelweis,” ujarnya, seperti dikutip dari Instagram @pendakigerah, Selasa (19/9/2023).

Saat ini, penyebab kebakaran dan sejauh mana dampaknya belum diketahui. Luas padang sabana di Alun-alun Suryakencana mencapai 44,13 hektar dan sering digunakan untuk berkemah.

Bagi Halaman
======================================
======================================
======================================