Gunung Gede
Cek Harga Tiket dan Jalur Pendakian Gunung Gede.

BOGOR-TODAY.COMGunung Gede terletak di tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Bogor, Sukabumi, dan Cianjur, dan merupakan salah satu destinasi pendakian yang sangat populer. Ada tiga jalur pendakian yang dapat ditempuh dari masing-masing kabupaten tersebut, yaitu Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana.

Semua area pendakian ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), yang merupakan salah satu dari lima taman nasional tertua di Indonesia. Taman nasional ini diumumkan pertama kali pada tahun 1980 bersama dengan Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Baluran, dan Taman Nasional Komodo.

BACA JUGA :  10 Persen Angka Kematian ASN Akibat Penyakit Tidak Menular, Sekda Kota Bogor Tingkatkan Sosialisasi

Selain sebagai tujuan wisata pendakian, kawasan ini juga berfungsi sebagai pusat konservasi dan penelitian botani yang telah ada sejak Cagar Alam Cibodas ditetapkan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1889.

Gunung Gede merupakan gunung api tipe stratovolcano dengan ketinggian mencapai 2.958 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Secara total, terdapat 12 titik perkemahan di TNGGP, seperti Buper Barubolang, Buper Sanmon, Lebak Ciherang, Bodogol, Blok Losbecak, Puspa Camp, Harendong Camp, Bagedor Camp, Tepus Camp, Petak 84, Sarongge, dan Bobojong.

BACA JUGA :  2 Kelompok Tani di Kota Bogor Dapat Bantuan Alsintan Pompa Air

Selain pendakian dan perkemahan, kawasan ini juga menawarkan wisata air terjun yang mencakup 19 lokasi, seperti Curug Cikundul, Curug Cibeureum, Curug Cidengdeng, Curug Heulang, Curug Baruleunca, hingga Curug Cibogo.

Ada juga dua situ atau danau, yaitu Situgunung dan Telaga Biru. Kawasan pendakian ini juga terkenal dengan dua jembatan terkenalnya, yaitu Situgunung Suspension Bridge dan Canopy Trail Ciwalen.

============================================================
============================================================
============================================================