Lima Wakil Indonesia di Babak 16 Besar Cabor Bulu Tangkis Individu Asian Games 2022

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Dok. PBSI)

BOGOR-TODAY.COM – Cabang olahraga bulu tangkis kategori perorangan di Asian Games 2022 memasuki hari ketiga, pada Rabu (4/10/2023), dengan pertandingan babak 16 besar akan berlangsung pada hari ke empat di semua divisi.

Indonesia sendiri berhasil meloloskan delapan wakilnya dari 10 yang bertanding. Jonatan Christie (tunggal putra) dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (ganda campuran) menjadi dua wakil Indonesia yang gagal melaju ke babak 16 besar.

Delapan wakil Indonesia yang tersisa sebagian besar terdiri dari pemain-pemain non-unggulan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sebagian besar dari mereka akan menghadapi para pemain favorit di babak 16 besar.

Perlu dicatat bahwa ada lima wakil Indonesia yang harus bermain melawan pemain dengan peringkat yang lebih tinggi di babak 16 besar kompetisi bulu tangkis perorangan Asian Games 2022. Siapa sajakah mereka?

Indonesia berhasil meloloskan dua pemain ke babak 16 besar di nomor tunggal putri Asian Games 2022, salah satunya adalah Putri Kusuma Wardani. Pemain debutan ini berhasil mencapai babak 16 besar setelah mengalahkan pemain Hong Kong, Liang Ka Win 21-11, 21-10 di babak 32 besar.

BACA JUGA :  SKCK Goes to School, Polresta Bogor Kota Redam Kenakalan Remaja Lewat Aplikasi

Di babak 16 besar, Putri akan berhadapan dengan unggulan ketujuh asal India, Pusarla Venkata Sindhu. Ini akan menjadi pertemuan ketiga mereka. Pada dua pertemuan sebelumnya, kedua pemain tunggal putri ini sempat saling menelan kekalahan. Namun, di pertemuan terakhir mereka, Putri mengalami kekalahan.

Di nomor ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Martin juga akan menghadapi pasangan kuat dari India di babak 16 besar. Mereka akan menghadapi unggulan kedua Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Ini akan menjadi pertemuan ketigakalinya bagi mereka dalam pertandingan resmi. Dalam dua pertemuan terakhir mereka, Leo/Daniel selalu kalah dalam rubber game.

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga mendapat lawan yang cukup berat. Dilaga debut ganda putri mereka, mereka akan menghadapi unggulan teratas tuan rumah sekaligus peraih medali perak di turnamen sebelumnya, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Ini akan menjadi pertemuan kelimakalinya bagi mereka untuk saling berhadapan. Febriana/Amalia sendiri belum pernah mengalahkan Chen/Jia dalam empat pertemuan sebelumnya. Sebaliknya, mereka belum pernah merebut satu setpun.

Pasangan ganda putri Indonesia lainnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, juga akan menghadapi unggulan di babak 16 besar. Mereka akan menghadapi unggulan keempat Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dari Jepang.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Kronologi Kecelakaan Beruntun di Ciampea Bogor

Dari segi rekor pertemuan, Apriyani/Fadia memiliki satu kemenangan dan dua kekalahan dari Fukushima/Hirota. Namun, pada pertemuan terakhir mereka di Kejuaraan Dunia 2023, Apriyani/Fadia menang dalam rubber game.

Ganda campuran Indonesia, satu-satunya tim Indonesia yang lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022, juga bertemu dengan tim unggulan. Pasangan ganda campuran tersebut adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, yang akan berhadapan dengan unggulan kedua asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Kedua pemain ganda campuran ini sudah pernah bertemu satu sama lain sebanyak enam kali sebelumnya. Dalam enam pertandingan tersebut, Rinov/Pitha belum pernah sekalipun mengalahkan Watanabe/Higashino.

Deretan lawan yang dihadapi kelima wakil bulu tangkis Indonesia di atas memang berat. Sebagian besar dari mereka juga tertinggal dalam hal rekor pertandingan. Dibutuhkan penampilan kerja keras jika bulu tangkis Indonesia ingin terus melangkah ke babak selanjutnya di nomor perorangan Asian Games 2022.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================