Hujan Lebat Mulai Melanda Bogor, Begini Penjelasan BMKG

Ilustrasi: Kawasan Kota Bogor saat diselimuti awan gelap dan intensitas hujan tinggi. (Foto : Bogor-today.com /Aditya)

BOGOR-TODAY.COM – Banyak daerah di wilayah Bogor, Tangerang dan Depok mulai turun hujan lebat, pada Jumat (6/10/2023) sore.

Berdasarkan pantauan, hujan dengan intensitas sedang mengguyur sejumlah wilayah Kabupaten Bogor sekitar pukul 16.30 WIB, dengan durasi sekitar 15 menit.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan, hujan di wilayah Bogor yang lebih luas disebabkan oleh awan hujan orografis.

Bogor sudah hujan, sebagian besar karena adanya awan hujan orografis,” kata Guswanto dikutip CNNIndonesia, Sabtu (7/10/2023).

Guswanto memaparkan hujan orografis adalah hujan yang terjadi di daerah pegunungan akibat udara yang mengandung uap air bergerak naik ke atas pegunungan, sehingga terjadi penurunan suhu dan terkondensasi hingga akhirnya turun hujan di lereng gunung.

BACA JUGA :  Kecelakaan di Samosir, Ambulans Masuk Jurang, Jenazah Balita Sempat Hilang

Menurut Guswanto, saat ini angin berasal dari tenggara menuju barat laut, sehingga hujan muncul di arah tenggara atau yang berhadapan seperti di lereng gunung Pangrango dan Halimun, wilayah Citayam dan Cibinong.

Meski begitu, hujan tersebut tak berpotensi menguat sehingga tidak akan merembet ke wilayah Jakarta.

Potensi hujan di wilayah ibu kota sendiri diprediksi terjadi di bulan November akibat embusan angin timur.

“Di bulan November angin itu berbalik, dari utara menuju ke timur-selatan. Maka hujannya di Jakarta nanti di November,” tutur Guswanto.

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdani mengatakan hujan di wilayah Bogor disebabkan oleh aktivitas konveksi lokal di Kota Hujan.

BACA JUGA :  Kecelakaan Jatuh dari Motor, 2 Gadis di Lombok Tengah Tewas Terlindas Truk

“Ditandai dengan penerimaan radiasi matahari yang intens pada pagi hingga menjelang siang hari dan peningkatan kelembaban udara memicu pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah tersebut pada siang hingga sore hari,” ujar Andri.

“Mekanisme pembentukan awan seperti ini masih dapat terjadi terutama di wilayah selatan Jabodetabek,” tambahnya.

BMKG sendiri sudah memprediksi bahwa hujan akan turun mulai Jumat di sejumlah wilayah Jabodetabek hingga setidaknya sepekan ke depan.

Dalam unggahan di Instagram, BMKG menyampaikan prediksi akumulasi curah hujan selama 24 jam bakal dimulai sejak 6 sampai 12 Oktober 2023.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================