Hasil Akhir Perolehan Medali Asian Games 2022

Medail pertama diraih oleh cabang olahraga Dayung di Asian Games 2022. (NOC Indonesia)

BOGOR-TODAY.COM – Perjuangan kontingen Indonesia di Asian Games 2022 berakhir, pada Sabtu (7/10/2023). Berikut hasil perolehan medali terakhir Indonesia di Asian Games Hangzhou, China.

Penutupan Asian Games 2022 digelar di Stadion Hangzhou Sports Park, (8/10/2023) malam. Indonesia juga telah memastikan tidak ada perwakilan dalam cabang olahraga Asian Games 2022 yang dipertandingkan, seperti karate dan renang artistik.

Oleh karena itu, perolehan medali Indonesia tidak bertambah di hari terakhir Asian Games 2022. Kontingen Indonesia mengakhiri Asian Games 2022 dengan 7 medali emas, 11 medali perak, dan 18 medali perunggu.

Hingga menjelang berakhirnya Asian Games 2022, Indonesia masih berada di peringkat ke-13 klasemen sementara perolehan medali.

Perolehan medali Indonesia di Asian Games 2022 tidak mencapai target. Sebelumnya, pemerintah menargetkan Indonesia meraih medali emas 8-12 dan finis di 12 besar klasemen.

Meski begitu, rekor Hangzhou merupakan yang tertinggi bagi Indonesia sejak penampilan tandang di Asian Games Bangkok 45 tahun lalu pada 1978. Saat itu, Indonesia meraih 8 medali emas, 7 medali perak, dan 18 medali perunggu.

BACA JUGA :  Ganda Putri Indonesia, Ana/Tiwi Wakil Satu-satunya di Final Thailand Open 2024

Chef de Mission (CdM) Indonesia di Asian Games 2023, Basuki Hadimuljono, mengaku akan bertanggung jawab karena telah gagal dalam mencapai tujuan. Namun, dia tetap senang dengan banyak cabang olahraga yang telah memberikan kejutan.

“Saya pemerintah akan mengajak Menpora, sebab tidak bisa hanya semangat saja. Kalau kita begini terus [infrastruktur olahraga kurang memadai] tidak akan bisa meningkat prestasi. Jadi saya kira saya turut bertanggung jawab soal itu. Saya akan diskusi dengan Pak Okto dan Menpora yang kemudian akan sampaikan ke Presiden Jokowi bahwa kalau olahraga kita ini ingin lebih berkiprah kita bisa,” ujar Basuki dikutip CNNINdonesia, Minggu (8/10/2023).

“Kita juga sudah hampir dapat emas di beberapa cabor. Kayak perahu naga itu sudah tinggal giginya saja kurang 0,2 detik dengan China. Lalu skateboard itu hanya sedikit lagi emas dan akhirnya perak karena tangan menyentuh lantai, padahal musuhnya jatuh malahan. Skateboard itu tidak ada pelatihnya, tidak ada TC-nya,” kata Basuki menambahkan.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 17 Mei 2024

Cabang olahraga menembak menjadikan cabor yang meraih medali emas terbanyak untuk Indonesia di Asian Games 2022. Salahsatunya ialah, Muhammad Sejahtera Dwi Putra yang menyumbangkan dua medali emas untuk Indonesia.

Berikut Hasil Akhir Perolehan Medali Asian Games 2022:

Itulah hasil akhir perolehan medali di Asian Games 2022 dan berkahirnya pula ajang olahraga yang diadakan empat tahun sekali yang diikuti oleh seluruh negara Asia. Semoga Indonesia di Asian Games berikutnya bisa menampilkan hasil yang lebih baik lagi.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================