Dinas Ketahanan Pangan
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Asep Mulyana. (Mutia/Bogor-Today.com)

BOGOR-TODAY.COMDinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor masih memiliki cadangan sebanyak 298 ton beras sebagai langkah antisipasi terhadap bantuan dalam situasi bencana alam bagi warga di Bumi Tegar Beriman yang terimbas.

“Kami masih memiliki stok sebanyak 298 ton beras yang dapat digunakan dalam keadaan bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, atau dampak dari puting beliung,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Asep Mulyana, kepada wartawan,  Rabu, (11/10/2023).

BACA JUGA :  Dugaan Dirut Rino Indira Tak Netral, Bawaslu Tegaskan Saat Ini Belum Masuk Tahapan Pilkada

Asep menjelaskan bahwa ketersediaan bahan pangan ini sedang dalam tahap pemeriksaan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk memastikan kualitas beras tersebut.

“Tersedia tim dari UPT yang sedang melakukan pemeriksaan terhadap kualitas bahan pangan, khususnya beras yang akan didistribusikan,” tambah Asep.

Meskipun harga beras tengah meningkat, pihaknya tengah berusaha mengkaji kualitas bahan dasar ini dan memastikan kesesuaian dengan standar yang akan dipasarkan.

BACA JUGA :  Melenggang di Pilgub Jabar 2024, Bima Arya Beberkan Sejumlah Program

“Saat ini harga beras meningkat, namun kami sedang melakukan penelusuran dan evaluasi untuk memeriksa apakah kualitas beras tersebut masih memenuhi standar atau tidak,” jelasnya.

Ia juga mendukung ide mengganti beras dengan sumber karbohidrat lain seperti umbi-umbian, meskipun persediaan bahan pangan tersebut tetap disiapkan untuk bantuan dalam situasi bencana alam.

============================================================
============================================================
============================================================