Mampukah Hizbullah Lebanon Bertahan Melawan Perang Zionis Israel

Hizbullah-Zionis ISrael
Ketika kekerasan meningkat, para pengamat khawatir Hizbullah akan membuka front baru melawan Zionis Israel atas perintah para pemimpinnya dan pendukung mereka dari Iran. (FOTO : IST)

BOGOR-TODAY.COM – Gerakan Hizbullah Lebanon telah memperingatkan bahwa mereka sepenuhnya siap berperang melawan Zionis Israel.

Setelah para pejuangnya saling baku tembak selama berhari-hari dengan tentara Zionis Israel di perbatasan mereka.

Kedua belah pihak saling baku tembak dan tembakan roket melintasi perbatasan mereka sejak faksi bersenjata Palestina Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober dan menewaskan sekitar 1.400 orang.

Ketika kekerasan meningkat, para pengamat khawatir Hizbullah akan membuka front baru melawan Zionis Israel atas perintah para pemimpinnya dan pendukung mereka dari Iran.

BACA JUGA :  Enak dan Menyehatkan Tubuh, Ini Dia 5 Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet

Skenario tersebut mungkin mengurangi tekanan terhadap Hamas dan warga sipil yang terkepung di Gaza, namun hal ini akan berdampak buruk bagi Lebanon dan merugikan Zionis Israel, kata para analis kepada Al Jazeera.

 

Apakah Hizbullah pernah melawan Zionis Israel sebelumnya?

Pada bulan Juli 2006, Hizbullah menangkap dua pejuang Zionis Israel di perbatasannya yang memicu respons militer besar-besaran dari Zionis Israel.

Perang tersebut berlangsung selama 34 hari dan mengakibatkan kematian lebih dari 1.100 warga Lebanon dan 165 warga Zionis Israel.

BACA JUGA :  Ternyata Daun Salam Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ini

Tidak ada yang secara meyakinkan memenangkan perang, namun warga sipil Lebanon jelas-jelas kalah. Israel menghancurkan atau merusak sekitar 30.000 rumah, 109 jembatan dan 78 fasilitas medis, menurut Komite Palang Merah Internasional.

Nicholas Blanford, pakar Hizbullah di Atlantic Council, sebuah wadah pemikir di Washington, DC, mengatakan kelompok itu memiliki 3.000 hingga 5.000 pesawat tempur dan rudal jarak pendek untuk menyerang Zionis Israel.

Namun selama 17 tahun terakhir, Hizbullah telah meningkatkan kemampuan militernya secara signifikan.

============================================================
============================================================
============================================================