Sampai Kapan Perang Hizbullah Lebanon Dengan Zionis Israel

HIZBULLAH
Iran telah mengumpulkan sejumlah pemain untuk membentuk poros perlawanan yang sekarang menjadi mesin yang kohesif. (FOTO : IST)

BOGOR-TODAY.COMMeskipun kekerasan terbatas di perbatasan antara Zionis Israel dan Hizbullah bukanlah hal yang aneh, Slim dari Middle East Institute percaya bahwa ada risiko lebih besar terjadinya eskalasi besar-besaran saat ini.

Dia mengatakan Hizbullah dan Iran mungkin memutuskan untuk membuka front kedua melawan Zionis Israel tergantung pada tingkat kekejaman yang dilakukan di Gaza. Jika Hamas ingin dibasmi, Hizbullah bisa ikut terlibat, tambahnya.

“Iran telah mengumpulkan sejumlah pemain untuk membentuk poros perlawanan yang sekarang menjadi mesin yang kohesif,” kata Slim.

Hizbullah telah membicarakan gagasan ini menyebutnya sebagai penyatuan front yang mirip dengan Pasal 5 NATO: serangan terhadap satu pihak berarti serangan terhadap semua pihak. Saya rasa hal ini tidak terjadi di masa lalu,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Bibir Hitam Gegara 5 Kebiasaan Ini, Simak Sampai Akhir!

Terlepas dari risikonya, Blanford yakin Iran dan Hizbullah akan menahan diri. Dia menjelaskan bahwa Hizbullah berfungsi sebagai pencegah utama terhadap kemungkinan rencana Zionis Israel dan AS untuk menyerang Iran.

“Jika terjadi perang di Lebanon, maka Hizbullah akan terpukul dan Iran akan kehilangan alat pencegahan utama,” kata Blanford.

Namun, dia tidak menutup kemungkinan terjadinya perang. Dia mengatakan Iran masih bisa mengaktifkan proksinya terhadap Zionis Israel jika Iran menganggap sekarang adalah waktu yang paling tepat untuk menyerang Zionis Israel.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Sop Buntut Sapi yang Empuk Dijamin Menggugah Selera

AS menyadari risiko ini dan telah mengirim dua kapal induk ke Mediterania timur untuk mencegah kelompok yang didukung Iran menargetkan Zionis Israel.

Zionis Israel mungkin mempunyai rencana sendiri yang mengeksploitasi upaya diplomatik dan militer AS untuk menyerang Hizbullah terlebih dahulu, kata Blanford.

 

Bisakah Hizbullah Mengalahkan Israel?

Hizbullah mempunyai kapasitas untuk menimbulkan dampak buruk pada Zionis Israel namun masih kalah, kata Slim.

============================================================
============================================================
============================================================